Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, November 14, 2022

PRESS RELEASE DIVA AKUNTANSI 2022

PRESS RELEASE
Dialog Civitas Akademika (DIVA) Akuntansi 2022
Departemen Humas dan Teknologi
BEM Prodi Akuntansi FE
UNJ 2022

            Pada Jumat, 11 November 2022 pukul 15.00 WIB telah diselenggarakan kegiatan DIVA (Dialog Civitas Akademika) Akuntansi 2022 melalui platform Zoom Cloud Meetings yang diawali dengan registrasi peserta. Selanjutnya pembukaan oleh MC yaitu Raafiu Rizqi Juliansyah dan Hanaa’ Nabiilah. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana DIVA Akuntansi 2022 yaitu Evan Arnanda, sambutan dari Ketua BEM Prodi Akuntansi 2022 yaitu Agil Prasojo, dan sambutan dari Koordinator Program Studi S- I Akuntansi yaitu Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., Ak., CA. serta dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ yaitu Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. yang sekaligus membuka acara DIVA Akuntansi 2022 secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video aspirasi mahasiswa/i yang berisi perwakilan aspirasi dari masing-masing angkatan. Video aspirasi yang disampaikan oleh beberapa perwakilan mahasiswa/i Akuntansi secara garis besar adalah perkuliahan secara hybrid yang kurang efektif, adanya beberapa dosen yang meminta perkuliahan di luar waktu jam normal perkuliahan, jam perkuliahan yang padat dengan tugas yang sangat banyak, juga sarana terkait ruangan yang masih terbatas ataupun beberapa tv yang rusak.

            Setelah pemutaran video aspirasi, dilanjutkan dengan agenda pemaparan hasil riset mengenai angket aspirasi mahasiswa/i se-Akuntansi yang dipaparkan oleh BPM. Lalu, sampailah di agenda utama yaitu sesi dialog antara mahasiswa/i bersama Koordinator Program Studi dan Dosen Akuntansi FE UNJ pada pukul 16.12 WIB yang dimoderatori oleh Fadilah Ilham. Dialog ini diawali dengan pembacaan CV Moderator yang dibacakan oleh MC kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog yang dipandu oleh Moderator, dan kemudian ditanggapi oleh pembicara yaitu Koordinator Program Studi S-I Akuntansi dan D-IV Akuntansi Sektor Publik dan selanjutnya dibuka sesi tanya jawab yang diberikan kepada mahasiswa/i yang ingin memberikan pertanyaan dan aspirasinya lalu dilanjutkan dengan diberikannya solusi oleh dosen untuk para mahasiswa/i terkait kendala perkuliahan secara hybrid.

            Permasalahan tersebut yang dibahas pada dialog diantaranya, perihal kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara luring dan daring dalam satu hari, keluh kesahnya yaitu jika dalam satu hari terdapat kelas luring dan daring itu tidak efektif untuk mahasiswa/i yang rumahnya jauh karena mengalami gagal fokus dalam perkuliahan dengan di multitask saat perjalanan. Adanya tuntutan untuk menyediakan ruangan saat perkuliahan dilakukan secara luring, hal tersebut masih belum terpenuhi saat ini karena Gedung di UNJ masih dalam masa pembangunan dan ruangan menjadi terbatas untuk perkuliahan luring. Kemudian sarana terkait beberapa tv di ruangan yang rusak, hal tersebut sudah dilaporkan pada pihak fakultas. Terkait perkuliahan yang diadakan di luar jam normal yaitu pada malam hari, solusinya bisa melakukan negosisasi agar perkuliahan dilakukan secara daring. Adanya dosen yang slow respon dalam membalas chat mahasiswa, hal tersebut bisa diatasi dengan dibuat satu PJ per angkatan ataupun bisa berdiskusi dengan grup bersama dosen yang bersangkutan. Selanjutnya, terdapat saran dari mahasiswa/i agar bapak dan ibu dosen mengarahkan untuk meningkatkan prestasi dan meringankan tugas-tugas agar tidak terlalu banyak dengan digantikan mahasiswa/i untuk mengikuti perlombaan sesuai dengan bab-bab tertentu yang dipelajari. Prestasi sendiri sangat bermanfaat baik bagi mahasiswa/i dan prodi serta fakultas karena dapat meningkatkan SKPI dan menjadi nilai plus bagi akreditasi. Saran selanjutnya yaitu dibuatkan platform untuk peminjaman ruangan supaya PJ mata kuliah mengetahui secara detail terkait kelas mana yang masih kosong ataupun sudah ter- booking. Untuk keberlangsungan perkuliahan penting sekali dalam hal menjaga komunikasi antara mahasiswa/i dengan dosen. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian closing statement oleh ibu dosen setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan E- Certificate kepada Koordinator Program Studi S-I Akuntansi dan D-IV Akuntansi Sektor Publik oleh Moderator. Lalu, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan peserta dan Dosen Akuntansi yang dipandu oleh Sie. HPD dan Logistik. Kemudian acara ditutup dengan penutupan oleh MC pada pukul 17.40 WIB.


Dokumentasi

                       


                      
                           

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini