Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

Is Privilege Related to Build Self-Development?

 Is Privilege Related to Build Self-Development?






self-development merupakan segala bentuk tindakan yang diambil  untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness), bakat, kemampuan, keterampilan bahkan kualitas hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu self-development sangat penting untuk dibangun oleh diri setiap individu. Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengembangkan diri kita? Apakah memang privilege merupakan hal penting yang harus kita miliki untuk membangun self-development?

Privilage mungkin merupakan kata yang sudah tidak asing lagi untuk didengar. Banyak yang berpikiran bahwa kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi oleh privilege yang dimilikinya. Privilage sendiri memiliki arti hak istimewa. Dalam persepsi masyarakat Indonesia sendiri privilege mengacu pada banyak hal. Beberapa di antaranya privilege adalah hak istimewa yang didapat oleh seseorang yang lahir dari kalangan keluarga elit atau keluarga dengan ras atau golongan mayoritas, serta hak istimewa yang dapat dimiliki oleh orang-orang yang berhasil mencapai jabatan lebih tinggi. Dengan kata lain, terdapat persepsi miring terkait privilege dalam kehidupan masyarakat yang dapat mengacu sebagai bentuk ketidakadilan.

kemudian apakah orang yang memiliki privilege sudah dapat dipastikan dapat mengembangkan dirinya dengan lebih baik? Memang tidak bisa dipungkiri privilege memungkinkan seseorang untuk dapat mengembangkan diri nya dengan akses yang lebih mudah dibandingkan dengan orang lain yang tidak memilikinya. Namun, yang harus ditanamkan dalam diri kita adalah self-development merupakan sesuatu yang menjadi tanggung jawab bagi diri kita sendiri. Satu-satunya orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pengembangan atau peningkatan kualitas pada diri kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Pastikan diri kita mempunyai growth mindset yaitu keinginan untuk selalu maju dan tahu bagaimana cara memperbaiki diri untuk mencapai tujuan, jika sudah mempunyai mindset tersebut kita tidak akan  pernah merasa minder hanya karena merasa orang lain memiliki privilege yang tidak kita miliki.


-Regina Cahyani


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini