Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

Meningkatkan Kualitas Diri di Tengah Pandemi Covid-19

 Meningkatkan Kualitas Diri di Tengah Pandemi Covid-19

Berbicara mengenai pengembangan diri atau yang biasa dikenal self development, pastinya kita tidak asing dengan kata tersebut. Self development atau pengembangan diri adalah segala bentuk tindakan yang diambil untuk meningkatkan kesadaran diri, bakat, kemampuan, keterampilan bahkan kualitas hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengembangan diri sebenarnya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun saat ini, kita tengah menghadapi pandemi Covid-19, dimana segala aktivitas dan kegiatan kita bisa dibilang jadi terhambat. Dan hal ini sangat berdampak, mulai dari aktivitas sosial, ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kegiatan lainnya.  

Sebagai manusia, kita selalu dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Oleh karena itu, supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada diperlukan pengembangan diri agar memiliki kualitas diri di tengah pademi saat ini. Walaupun sedang menghadapi pandemi yang mengakibatkan segala aktivitas kita jadi terhambat, hal itu tidak menjadi alasan untuk tetap mengembangkan diri dan juga improve our self. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan kualitas diri di tengah pandemi saat ini, yaitu :

  1. Mengenal Diri Sendiri

Hal yang paling dasar dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri adalah dengan mengenal diri terlebih dahulu. Karena tidak ada satu orang pun yang dapat mengenal diri kita dengan baik, selain diri kita sendiri. Mulai dari mengenali kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri kita. Mengamati, mendengar, dan mencari tahu segala hal yang ada di sekitar kita. Terlebih dimasa pandemi ini, kita dapat merenungkan dan merefleksikan diri untuk mengenal diri kita sendiri. 

  1. Menentukan Tujuan Hidup

Setelah mengenal diri sendiri, kita memerlukan arah hidup yang jelas. Untuk itu, kita perlu menentukan goals atau target yang ingin kita capai. Khususnya di tengah pandemi ini, kita harus bisa memikirkan ulang mengenai target dan tujuan kita. Sehingga kita bisa tahu apa yang harus dipersiapkan dan juga dilakukan. Dengan adanya tujuan yang jelas, mendorong kita untuk bersemangat menjalani hari-hari yang kita.

  1. Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Dimasa pandemi Covid-19 ini, hal yang perlu diperhatikan tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja. Melainkan penting pula untuk menjaga kesehatan mental. Seperti yang kita tahu di tengah kasus pandemi yang semakin meningkat, pasti sebagian dari kita ada yang merasakan terpuruknya hidup yang diakibatkan dari dampak dari Covid-19 itu sendiri. Mulai dari adanya PHK, kehilangan anggota keluarga karena terpapar virus, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental ditengah pandemi saat ini. Seperti, mengurangi stres dengan melakukan hobi atau hal-hal yang disukai, berdiskusi dengan orang lain agar pikiran kita terbuka dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita cintai.

  1. Membangun Relasi dan Bersosialisasi

Hal yang satu ini pun juga sangat penting, meskipun saat ini interaksi sosial jadi terhambat dikarenakan pandemi. Tetapi kita harus tetap bisa bersosialiasasi, karena sejatinya manusia adalah mahluk sosial. Untuk itu, di tengah pandemi saat ini, kita bisa mengikuti webinar, seminar, kursus oline, dan lainnya. Selain bisa menambah relasi, hal tersebut sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas diri kita. Dimana kita bisa menempatkan diri di lingkungan, terlebih dipenuhi dengan orang lain yang berjiwa positif.

  1. Meningkatkan dan Mengembangkan Kemampuan

Terakhir adalah meningkatkan diri kita dengan mengembangkan segala potensi yang kita punya. Dan hal itu dapat dilakukan dengan mencoba segala hal baru. Di tengah pandemi saat ini, inilah waktunya bagi diri kita mengembangkan dan meningkatkan segala kemampuan serta berbagai macam hal yang kita punya. Yang terpenting jangan pernah takut untuk mencoba, yang harus kita ingat adalah tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang sungguh-sungguh sempurna. 


Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan terkait dengan meningkatkan kualitas diri di tengah pandemi Covid-19. Meskipun saat ini kita dihadapi dengan pandemi, tidak menjadikan kita berhenti meningkatkan kualitas diri dan juga mengembangkan diri kita. Karena mengembangkan diri merupakan proses seumur hidup yang dialami oleh setiap orang. Dimana pengembangan diri perlu kita tingkatkan supaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi bersamaan dengan meningkatnya  kualitas diri. 


-Putri Suwandari


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini