Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

Ini Waktunya Untuk Bangkit dan Maju!

 Ini Waktunya Untuk Bangkit dan Maju!


Money and Finance - LisNesia





Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap sendi-sendi kehidupan manusia. Termasuk berdampak pada tatanan sosial, pekerjaan, pendidikan, ekonomi dan lainnya. Oleh karena itu, semua orang dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap kondisi yang ada. Disinilah kita membutuhkan sebuah upaya pengembangan diri agar manusia tetap memiliki kualitas meskipun berada di tengah pandemi. Pengembangan diri disini adalah meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita. Sangat diperlukan upaya untuk menumbuh kembangkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan lain dalam kehidupan. Dalam tujuannya, semua orang memiliki harapan besar untuk dapat hidup lebih baik dari hari ke hari. Impian tersebut tentunya akan tercapai bila memiliki kerja keras, konsistensi tinggi dan juga mampu memaksimalkan potensi diri dengan pengembangan diri yang dibangun, meskipun dalam prosesnya nanti akan dipenuhi dengan berbagai hambatan. Tentu saja, setiap usaha yang dilakukan membutuhkan action nyata agar apa yang menjadi pengharapan dapat terwujud meskipun dalam situasi yang mau tidak mau harus kita terima yaitu pandemi Covid-19 yang masih menghantui semua orang. 

Saat ini kita mungkin lupa betapa pentingnya pengembangan diri itu bagi diri kita sendiri, dimana pengembangan diri membantu memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita agar dapat dipergunakan sebagai bekal di masa yang akan mendatang ataupun yang sedang berjalan. Belajar mengembangkan diri di usia muda merupakan waktu yang sangat tepat, karena di usia inilah kita harus berfokus dalam menentukan karakter seperti apa yang akan kita gunakan di masa depan. Akan ada banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan datang dikemudian hari yang menghalangi tujuan dari hidup seseorang, oleh karena itu mengembangkan potensi diri di usia muda akan mempermudah kita pada nantinya dalam meraih tujuan-tujuan tersebut. Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan pada saat kita memulai mengembangkan diri di usia muda, yaitu diantaranya:

  1. Dapat Mengenal Diri Lebih Dalam

Mencoba mengenal diri merupakan salah satu kunci utama dalam mengembangkan diri. Dimana jika kita tidak mengenal diri sendiri, maka akan sangat tidak mungkin kita bisa mencoba meningkatkan kualitas diri kita. Dengan mengenal diri sendiri, maka kita akan mengetahui hal apa saja yang bisa membuat diri kita puas. Mulai dari hubungan antar manusia, kondisi kehidupan, dan kondisi pekerjaan yang dapat membuat kita senang.


  1. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan pada Diri

Seseorang yang mempelajari manfaat dari pengembangan diri tentunya mempunyai kemampuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada didalam dirinya. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada, maka hal tersebut dapat membantu kita untuk mencoba memperbaiki pribadi yang kurang dari diri kita. Coba untuk fokus pada kekuatan diri dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kekurangan diri tersebut dengan hal yang positif. 


  1. Memotivasi Diri

Motivasi pada dasarnya datang dari setiap diri manusia, namun motivasi tidak selalu datang di waktu yang tepat. Terkadang jika kita sedang mengalami kejenuhan pada diri kita, akan sangat sulit untuk mendapatkan motivasi bahkan kita sering menghiraukan perkataan orang-orang sekitar. Tetapi jika kita fokus pada pengembangan diri, kita akan selalu memiliki kemauan saat melihat jalan. Artinya, meskipun dihadapkan pada situasi yang berat, kita akan tetap menghadapinya jika memang hanya jalan itu yang akan membuatmu lebih berkembang. 


  1. Memiliki Jenjang Kehidupan yang Baik

Saat seseorang menjadi pribadi dengan keterampilan dan kemampuan yang lebih baik, itu artinya kesempatan kita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik akan semakin besar dan baik untuk pengembangan diri kita sendiri. Dengan melatih diri untuk memiliki keterampilan yang baik maka seseorang akan mendapatkan kesempatan pekerjaan yang baik dan jabatan yang tinggi. Bahkan mendapatkan penghasilan yang tinggi pun menjadi kemungkinan yang terjadi.


  1. Memiliki Koneksi Terhadap Orang Lain

Dilain itu semua, pengembangan diri tidak hanya tentang bagaimana cara kita meningkatkan kualitas yang ada pada diri kita namun pengembangan diri juga dapat dikaitkan kepada sikap dan kepribadian saat berhubungan dengan orang lain.


  1. Kenali Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri berarti mengenal kemampuan diri. Hal ini penting untuk dilakukan sehingga dapat memberikan spirit untuk dapat memenuhi pengharapan dalam pengembangan diri yang akan dibangun. Caranya adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apa yang sedang menjadi tujuan hidup selama ini? Apa saja hal yang membuat bahagia dan sedih? Selain itu dapat bertanya jika mengahdapi hambatan apa yang harus dilakukan? Karena kebahagiaan untuk mencapai cita-cita dalam pengembangan diri adalah berhasil mewujudkannya dan berhasil melewati hambatan yang ada.


  1. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri

Ini perlu dilakukan untuk menggali potensi diri yang dimiliki. Dalam menggali potensi diri, penting sekali untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri agar mempermudah untuk mencapai tujuan dan mempersiapkan diri jika ada masalah yang nantinya akan dihadapi. Untuk menghadapi kekurangan, cobalah untuk menyadari kekurangan itu dan berusahalah untuk memperbaikinya. Untuk kelebihan yang dimiliki cari tahu cara mempertahankan dan meningkatkannya.


  1. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Dalam sebuah upaya pengembangan diri, tak terkeduali selama pandemi seperti saat ini, membiasakan diri untuk menerima saran dan kritik tetap menjadi hal yang penting, karena akan memberikan sebuah kekuatan baru untuk bisa mencapai harapan yang diinginkan. Untuk itu, terbuka dalam menerima saran dan kritikan dari orang lain akan sangat membantu untuk dapat tumbuh dan bangkit dalam keterpurukan. Kritik dan saran juga sangat baik untuk membangun intropeksi diri sehingga bisa mengambil keputusan dengan baik.


  1. Tidak Takut Untuk Mencoba Hal Baru

Dalam proses pengembangkan diri, utamanya dalam menggali potensi diri adalah membangun semangat untuk memulai hal yang baru. Intinya jangan pernah takut untuk mencoba. Pelajari hal baru tersebut mulai dari yang kecil hingga yang besar dan paling memungkinkan karena itu akan baik dalam memitigasi kegagalan yang ada.


  1. Tetap Menerapkan Kebiasaan Baik

Positive thinking akan sangat baik dalam mengambil sebuah keputusan. Meskipun tetap dalam koridor waspada terhadap hal apapun yang akan dihadapi. Untuk itu, dengan tetap menerapkan kebiasaan yang baik tentunya akan mendapatkan hal yang baik pula sebagai bagian dari hukum kehidupan. Dimana setiap perbuatan baik, maka akan mendapatkan balasan hal yang lebih baik lagi.


  1. Jangan Merasa Sendiri

Naik turun dalam kehidupan memang tidak bisa ditampik. Ketika kita berada di bawah, merasa kesepian, kecewa, lelah, dan tidak tahu harus bagaimana, juga saat social-distancing seperti sekarang. Padahal, ada banyak orang di sekeliling kita yang secara tidak disadari memberikan banyak dukungan untuk menghadapi hambatan yang terjadi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Itu artinya, kita tidak sendiri.  Hanya saja tinggal diri kita sendiri yang perlu menyadari hal tersebut. Dengan demikian beban yang terjadi akan sedikit membantu untuk bisa keluar dari kondisi tersebut.


  1. Banyak Hal yang Bisa Dipelajari

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam membangun pengembangan diri. Mulai dari mengenal hobi, bisnis online hingga jasa. Sebab, banyak orang yang sukses dimulai dari mengembangkan potensi diri dari hobi, karena melihat ada potensi yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis dan menjadi sukses dari hobi yang dimiliki. 


-Reni Suwandi Ade Puspita


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini