Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, July 13, 2021

Hari Pajak

Hari Pajak

 


Tanggal 14 Juli diperingati sebagai Hari Pajak. Penetapan hari tersebut pun bukan tanpa alasan, namun ada hal yang melatarbelakanginya, yang mana dituangkan dalam Keputusan Dirjen Pajak No. KEP-313/PJ/2017.

 

Hari Pajak tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah perjuangan bangsa, menguatkan jati diri organisasi Drektorat Jenderal Pajak (DJP), serta memotivasi pengabdian para pegawai DJP kepada Tanah Air Indonesia.

 

Kata “Pajak” pertama kali disebut oleh Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Radjiman Wediodiningrat dalam suatu sidang Panitia Kecil yang membahas keuangan dalam masa reses BPUPKI setelah pidato Soekarno yang terkenal dibacakan pada 1 Juni 1945.

 

Di kala pandemi Covid-19 saat ini, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo sempat mengatakan bahwa ia melihat tantangan yang dihadapi otoritas pajak ke depan akan semakin sulit. Pajak tidak hanya berfungsi sebagai budgeter atau sumber penerimaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tetapi juga berfungsi sebagai regulerend yang mana sebagai stimulus ekonomi.

 

Maka dari itu, Ayo Bayar Pajak, dan Selamat Hari Pajak!

 

source :

https://mucglobal.com/id/news/2193/peringati-hari-pajak-nasional-djp-tantangan-semakin-berat

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini