Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

“Better Self Development For Bright Future”

 Better Self Development For Bright Future


Self development merupakan segala aktivitas yang dilakukan untuk membuat suatu perubahan dalam diri kita, mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki, hingga dapat meningkatkan value diri sendiri dan kualitas hidup kita menjadi lebih baik. Setiap hari secara sadar ataupun tidak, manusia terus berkembang. Dalam perkembangannya ada yang bergerak secara cepat atau pelan, tergantung pada kemauan dan usaha individu tersebut untuk melakukan self development untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Bukan seberapa cepat tempo waktu dalam pengembangan diri, tapi kapasitas diri yang harus disesuaikan untuk mencapai kualitas terbaik diri sendiri.


Kita dapat meningkatkan self development dengan take a small step and action, kebiasan menunda-nunda adalah hal yang harus dihilangkan karena bukan sesuatu yang ideal. Buat planning dan action dalam mewujudkan impian kita dengan hal yang paling sederhana untuk dilakukan. Membangun kebiasaan baik dengan kegiatan yang bermanfaat dan menambah value diri sendiri. Out from comfort zone, ketika kita merasa berada di zona yang nyaman dalam kurun waktu yang cukup lama, hal ini harus kita jadikan refleksi untuk melihat apakah diri kita mengalami perkembangan atau tidak. Ketika merasa tidak ada perkembangan, jangan takut melangkah keluar dari zona nyaman tersebut, karena perasaan takut tersebut menghambat self development dan melawan rasa takut memberikan kepuasan diri sendiri. Fokus dan berikan afirmasi positif untuk diri sendiri setiap harinya, dengan afirmasi positif tersebut membantu kita untuk lebih mensyukuri kehidupan. 


Pengembangan diri yang baik adalah menikmati setiap proses yang terus berkembang dan tidak takut menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Self development tidak hanya mencerdaskan secara logika atau pemikiran, tetapi juga emosi, sosial, psikologi dan spritual. Semakin berkembang, kita mampu memahami cara mengontrol diri lebih baik. Dengan melakukan self development mampu melihat dunia dari berbagai macam sudut pandang yang sebelumnya tidak diketahui, sehingga mampu memahami dan bijak dalam menyikapi sesuatu.


- Alhaniyah Nurshabrina Rozak

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini