Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

Be Better Person, Be Great You!

 Be Better Person, Be Great You!


“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung” –Ali bin Abi Thalib.

Menjadi personal yang lebih baik dari sebelumnya itu menjadi sebuah tantangan tersendiri, membangun kepribadian yang bahkan mungkin tidak terpikirkan sebelumnya itu menjadi musuh bagi orang yang masih dalam zona nyamannya. Hal ini merupakan hal  yang sangat basic, dan juga hal yang sangat sering kali terlupakan. 

Berbicara tentang pengembangan diri (self development), dengan adanya self development ini tidak hanya menjadikan personal yang lebih baik tetapi juga meningkatkan self awareness atau kesadaran diri seseorang yang tidak kalah penting.

Tiga dasar utama yang menjadi peta ketika seseorang ingin membangun dirinya sendiri yakni sebagai berikut :

  1. Who are we?

Hal basic yang paling harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri, kenalilah kelebihan dan kelemahan kita dengan baik, karena tidak ada satu orangpun yang lebih mengenali diri kita lebih baik daripada kita sendiri..

  1. What we want and what our goals are?

Menentukan apa yang kita mau dan apa tujuan hidup kita dengan pasti. Setelah mengenali diri dengan baik, tentunya kita akan mengetahui apa potensi diri dan apa yang kita inginkan atau tujuan hidup kita dengan pasti. 

  1. What we have to achieve the goals? 

Mengetahui potensi diri yang tentunya sangat berguna dalam self development yang menjadikan dasar untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Setelah 3 peta dasar tersebut sudah terjawab dan terimplementasikan dengan baik, beberapa hal yang dapat dilakukan kembali untuk membantu lebih terkait self development ini yakni sebagai berikut :

  • Love yourself

Mencintai diri sendiri itu tidak hanya melihat pada hal yang menyenangkan untuk sesaat, tapi juga kita harus memikirkan hal yang akan berguna dan lebih worth untuk beberapa tahun kedepannya.

  • Learn, learn, and evaluation

Belajar adalah salah satu proses tiada akhir dan tiada henti, tidak hanya membaca buku, atau mungkin belajar dari ahlinya seperti sekolah formal, tetapi mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dengan sungguh-sungguh itu akan menjadi proses pembelajaran yang sangat baik dan efektif untuk mengembangkan kepribadian. Setelah belajar yang menurut kita cukup, maka lihatlah pada tujuan yang kita inginkan, apakah telah sesuai atau masih belum sesuai, jika telah hal itu sesuai maka yang harus kita lakukan yaitu tetap belajar untuk mengembangkan potensi yang telah ada, tetapi jika hal itu tidak sesuai yang diinginkan, maka kita harus mengevaluasi kinerja kita untuk dapat dipelajari kedepannya.  

  • Take care of healthy

Pada pengembangan kepribadian ini, sangat diperlukan untuk menjadi pribadi yang sehat baik itu mental maupun fisik, karena kita tidak akan bisa menjadi lebih baik, ketika kita sendiri tidak menjaga kesehatan dengan baik. So, be healthy dear!


-Miana Trisanti


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini