Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

5 Ways to Improve Yourself More Than Ever

 5 Ways to Improve Yourself More Than Ever 

Pengembangan diri merupakan tidakan atau perbuatan yang dilakukan untuk diri  sendiri dengan tujuan menjadi diri yang lebih baik. Self - development ini bertujuan  untuk meningkatkan kesadaran diri (self - awareness), bakat, kemampuan, dan  keterampilan, bahkan kualitas hidup untuk menjadi versi lebih baik dari sebelumnya. 

Pengembangan diri atau self - development adalah hal yang menjadi tanggung  jawab bagi diri sendiri. Kita diharuskan memiliki dan menentukan tujuan atau yang  ingin dicapai dalam hidup kita. Self - development jembatan untuk mewujudkan  pencapaian tersebut. Langkah awal memulai self – development :

1. Mengenali Diri Sendiri 

Hal yang paling mendasar dalam melakukan self-development adalah dengan  mengenali diri sendiri. Kenali diri kita, apa saja kekuatan, kelemahan, kelebihan,  dan kekurangan yang dimiliki oleh diri kita. Karena tidak ada yang mampu mengenali diri kita lebih baik dari diri kita sendiri. 

2. Mengenal Tujuan Hidup 

Setelah memahami kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, langkah  selanjutnya adalah mengetahui secara pasti tentang apa saja yang ingin kita raih  di kehidupan ini. Dengan kata lain, tujuan hidup yang terarah adalah hal yang  wajib kita pikirkan. Tujuan hidup yang terarah akan membimbing kita dalam  mengambil langkah dan keputusan yang benar untuk meraih tujuan hidup yang  diinginkan. 

3. Pantang Menyerah Mempelajari Hal Baru 

Belajar adalah proses yang tiada akhir. Individu yang tidak pernah berhenti  belajar adalah orang-orang yang selalu melakukan self-development. Kualitas diri  mereka tidak pernah menurun, bahkan selalu meningkat. Tidak ada alasan untuk  berhenti belajar, belajar berarti meningkatkan wawasan, ilmu, dan bahkan  memperbaiki kepribadian. Karena proses self-development akan membawa  serangkaian hal baru yang perlu kita pelajari untuk diri kita sendiri. 

4. Konsisten 

Jika pada poin sebelumnya kita harus selalu mempelajari hal baru, maka  konsisten akan menjadi poin yang penting. Jika kita masih merasa kurang percaya  diri dan kurang maksimal dalam self-development, maka salah satu cara adalah  belajar langsung dari para ahlinya. Seperti mentor, dosen, guru, para senior, rekan  dan masih banyak sumber belajar lainnya yang mampu membimbing dan  mengasah bakat atau keahlian kita, juga tentunya membangun self-development yang lebih baik. 

5. Mencintai Diri Sendiri 

Dari semua cara di atas, kita tidak akan bisa melakukan self-development jika  kita tidak belum menerapkan self love dengan baik. Self-love adalah sebuah dasar

yang memungkinkan kita untuk bersikap tegas, menjalin hubungan yang sehat  dengan orang lain, mengejar minat dan mimpi, serta merasa bangga kepada diri  sendiri. Saat benar-benar menerapkan self-love, maka kita akan menerima diri  sendiri apa adanya. Hal ini termasuk menerima semua kondisi dalam hidup, baik  suka maupun duka, dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan.  Hal sederhana yang termasuk dalam self love yaitu : 

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain 

Tidak mengkhawatirkan pendapat orang lain 

Percaya diri dengan keputusan diri sendiri 

Mengenali dan mampu mengendalikan rasa takut 

Menjaga kesehatan tubuh


-Karunia Sekar Dwi Meylany 


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini