Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

Me vs Me

 Me vs Me

WELCOME TO ME VS ME - Booking by Bookwhen

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan. Sedangkan arti kata diri adalah dipakai sebagai pelengkap beberapa kata kerja untuk menyatakan bahwa penderitanya atau tujuannya adalah badan/diri sendiri. Pengembangan Diri (Self Development) meliputi segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran dan identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja, meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita.

Pengembangan diri atau self development adalah sesuatu yang menjadi tanggung jawab bagi diri kita sendiri. Satu-satunya orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pengembangan atau peningkatan kualitas pada diri kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Bisa dikatakan, untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, kita harus melawan diri sendiri.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita sendiri dengan baik. Tidak ada satu orang pun yang dapat mengenal diri kita lebih baik daripada diri kita sendiri. Setelah memahami kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengetahui secara pasti tentang apa saja yang ingin kita raih di dalam kehidupan ini. Dengan kata lain, tujuan hidup yang terarah adalah hal yang sangat perlu kita pikirkan. Tujuan hidup yang terarah akan membimbing kita dalam mengambil langkah-langkah yang benar sampai kita bisa meraih tujuan hidup yang diinginkan. 

Oleh karena itu, dalam proses pengembangan diri, kita dituntut untuk selalu belajar, entah berbekal dari pengalaman sendiri maupun mengambil hal-hal baik dari pengalaman orang lain. Selain itu, kita juga harus berani untuk keluar dari zona nyaman. Tidak ada manusia yang sempurna, oleh karena itu setiap manusia harus bergerak untuk maju, harus bisa menilai kemampuan diri, memotivasi diri dan mengembangkannya agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.


-Fikri Fadilah


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini