Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Thursday, June 25, 2020

New Normal, Peluang Baru Bagi UMKM

New normal adalah suatu tatanan baru dimana masyarakat harus tetap menjaga produktivitasnya di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini. Masyarakat diharapkan untuk menjalani kehidupan secara “normal” hingga ditemukannya vaksin untuk Covid-19. Pemberlakuan new normal tentunya berdampak pada berbagai macam sektor yang ada, UMKM salah satunya.
            Menjadi suatu tantangan tersendiri bagi UMKM. Karena nyatanya memang hal ini menjadi kesempatan emas bagi UMKM. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi ekonomi Indonesia terguncang hingga menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Sehingga, UMKM harus memikirkan secara matang peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan. UMKM harus memiliki strategi yang membuat mereka terlihat menarik, serta produk yang ditawarkan pun harus bisa menarik perhatian masyarakat. Karena di new normal ini, kebutuhan-kebutuhan pun semakin beraneka ragam bentuknya. Banyak kebutuhan baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh kita semua. Industri yang paling menjanjikan atau dibutuhkan sat ini oleh masyarakat adalah yang berhubungan dengan perlindungan diri dan kesehatan.
            Selain itu, UMKM yang saat ini masih bertahan dan terus melesat adalah UMKM yang sudah menggunakan platform online. Di mana platform online ini sangat sering  digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya pada masa pandemi Covid-19. Hingga saat ini, masih banyak UMKM yang belum menggunakan platform online dan menyebabkan mereka tertinggal dengan trend yang sedang terjadi. Maka dari itu, UMKM perlu mempelajari dan menyesuaikan sistem online yang semakin berkembang agar seiring dengan berjalanannya new normal UMKM pun dapat terus bertahan. Bahkan dengan pemberlakuan new normal dan toko-toko sudah mulai dibuka, sebaiknya UMKM tetap menjalankan penjualan mereka secara online dan pesan antar.
-Annisa Ria

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini