Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Tempaan Menimba Ilmu di Masa Pandemi


Adanya virus korona membuat seisi dunia menjadi lumpuh, salah satunya dari segi pendidikan. Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam menjaga serta merawat impian serta masa depan seorang anak. Hadirnya pandemi ini tentu membuat jalannya pendidikan tidak seperti biasanya yang belajar mengajar secara tatap muka di sekolah atau kampus. Hilangnya basis utama dalam mengajar ini tentu membuat siswa harus beradaptasi lagi ketika dalam belajar. Sistem belajar dari rumah (learn from home) dilakukan seluruh sekolah di tanah air sebagai penggantinya, tetapi bagaimana implementasinya apakah berhasil?
Salah satu faktor yang membuat berjalannya belajar dari rumah adalah peran orang tua. Selain terbantunya karena adanya teknologi, orang tua memiliki peran yang sangat krusial karena menggantikan sosok guru yang biasanya mengajar di kelas. Peran guru tentu masih penting dalam memegang kendalinya pembelajaran, tapi orang tua harus menjadi penghubung yang baik pada anaknya. Kesiapan orang tua diperlukan untuk kesiapan anaknya dalam belajar di rumah. Layanan teleconference call seperti Zoom, Skype, Google Classroom adalah contoh dari banyak platform yang dapat digunakan. Para orang tua tentu bisa memantau anaknya saat belajar, yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan di sekolah.
Dalam Praktiknya, learn from home juga membuat beberapa orang tua yang terbebani karena tidak semua orang tua lancar menggunakan gawai, sebagai contoh kemarin bibi saya tidak tahu bagaimana login ke google classroom, akibatnya anaknya terlambat masuk ke kelas. Untuk itu diharapkan para guru memperkaya cara penyampaiannya agar tidak menyulitkan orang tua.

Meskipun kegiatan belajar menjadi terhalang karena adanya pandemi, tapi ini juga membuktikan kalau kegiatan belajar mengajar tidak selamanya harus di kelas. Ditambah kemajuan teknologi yang juga membantu di sector pendidikan. Namun, tetap saja pembelajaran secara tatap muka masih lebih efektif di masa sekarang, untuk itu mari kita mengikuti anjuran pemerintah dan juga berdoa agar wabah virus ini cepat mereda dan hilang.
-Aldy Nova

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini