Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Study From Home Sudah Efektif?



Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk berdiam dirumah, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat. Manusia di paksa berhenti dari rutinitasnya, untuk memaknai hidup yang sebenarnya. Penerapan physical distancing sangat berdampak pada aspek pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah, pembelajaran daring/online dan disusul dengan peniadaan Ujian Nasional (UN) untuk tahun ini. Hal ini secara tiba-tiba, membuat pendidik,siswa,bahkan orangtua kaget.
            Metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang diterapkan pemerintah menuai polemik. Pembelajaran secara online harusnya mendorong siswa menjadi kreatif, mengakses sebanyak mungkin ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya. Bukan membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari.

Banyak faktor yang menghambat terlaksananya efektifitas pembelajaran, diantaranya :
1) Penguasaan teknologi yang masih rendah
- Tidak semua guru menguasai teknologi terutama guru generasi 80-an yang pada masa mereka penggunaan teknologi.
- Tidak semua siswa terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
- Masih banyak sekolah yang memiliki keterbatasan fasilitas teknologi.

2) Jaringan internet
- Penggunaan jaringan seluler terkadang terkadang tidak stabil karena letak tempat tinggal yang masih jauh dari jangkauan sinyal seluler.

3) Biaya jaringan internet
- Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak karena akses dalam menunjang pelajaran.
            Kondisi ini tidak hanya berdampak pada siswa SD, SMP, dan SMA saja tapi juga berdampak pada Perguruan Tinggi. Tak hanya di kota-kota besar, di desa pun lebih memprihatinkan.
            Berdasarkan hal tersebut, kita harus menyikapi nya dengan kesabaran dan memahami keadaan. Pendidikan dapat ditempuh dengan mengikuti perkembangan teknologi. Edukasi pembelajaran perlu kita tingkatkan terutama untuk orang/temen/sodara/keluarga terdekat kita yang masih belum bisa menggunakan teknologi dengan baik. Mari kita bantu bersama sama.
-Ilyas Nur Imam

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini