Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Balada Kuliah Online


Siapa yang pernah menyangka akan lahir pandemi yang bernama Covid-19, di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019 dan terus menyebar ke seluruh dunia hingga saat ini.
Begitu mudahnya penularan Covid-19 ini, hanya dengan tetesan pernapasan yang dihasilkan saat seseorang yang terinfeksi bersin dan orang lain menghirupnya sehingga orang tersebut terikontaminasi. Begitu juga saat tangan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi. Dengan tingginya resiko penyebaran virus ini,pemerintah di negara yang terinfeksi mulai mengambil langkah-langkah tegas guna memeranginya, seperti social distancing, penutupan dihampir semua sektor kegiatan,hingga kebijakan lockdown.
Di Indonesia sendiri, banyak sektor kegiatan yang ditutup sementara, salah satunya sektor pendidikan. Dari tingkat Sekolah Dasar hingga Universitas menutup kegiatan belajar dan memberlakukan belajar online dirumah atau kuliah daring.
Perkuliahan Jarak Jauh atau PJJ, adalah istilah kuliah daring bagi mahasiswa. Mahasiswa melakukan pembelajaran melalui website yang disediakan universitas,aplikasi belajar yang ada di Play store hingga pertemuan tatap muka menggunakan aplikasi video conferencing. Karena situasi seperti ini, para mahasiswa diharuskan dapat beradaptasi dengan baik.
Dengan pembelajaran jarak jauh ini, mahasiswa didorong untuk lebih mandiri dalam belajar. Karena  ketika  kuliah offline kita bisa fokus mendengarkan dosen,mengerjakan tugas dengan baik,tetapi situasi ini sangat berbeda dengan kuliah online,banyak hal yang mengganggu konsentrasi mahasiswa ketika kuliah online dirumah. Mulai dari permasalahan sinyal,peralatan yang kurang memadai, suasana rumah yang kurang kondusif untuk belajar, hingga orang tua atau keluarga yang tiba-tiba minta tolong,sehingga mahasiswa yang sedang fokus belajar jadi terganggu dan hilang konsentrasi.
Selain konsentrasi yang terganggu, permasalahan lain yang timbul adalah semakin banyaknya waktu mahasiswa yang tersita di gadget, karena hampir semua aktivitas kuliah ada disitu, mulai dari kelas ,tugas-tugas hingga diskusi kelompok. Dan karena hal ini, terkadang kita mahasiswa dimarahi orang tua, karena mereka kira kita hanya bermain gadget.
Walaupun banyak balada yang mahasiswa alami, sebaiknya kita juga perlu melihat sisi positif dari PJJ ini. Waktu yang biasanya kita habiskan diperjalanan menuju kampus, bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal yang tidak sempat dilakukan saat kuliah. Menjalankan hobi,mengasah bakat,mencoba hal-hal baru dan sebagainya.
Agar kita bisa belajar online dirumah dengan kondusif dan tidak ketinggalan pelajaran. Sebaiknya gunakan gadget dengan bijak, agar kita tidak keasikan bermain gadget yang kurang bermanfaat dan kesehatan mata kita juga terjaga. Selain itu, mengatur waktu dengan tepat juga perlu agar kita tau kapan waktunya belajar, berisitirahat dan waktu untuk aktifitas lain diluar urusan kuliah. Terakhir kita bisa bikin list-to-do harian, jadi kalau seandainya kita terdistraksi,kita punya panduan untuk melakukan apa lagi.
-Theresia Sondang

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini