Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Kegalauan Pelajar Masa Pandemi : Berpacu dalam Keterbatasan


Pandemi “Covid-19” yang melanda dunia, termasuk bangsa Indonesia menjadi problematika yang perlu dan penting untuk segera diselesaikan. Tatanan kehidupan seolah berubah 90 derajat dibanding biasanya. Adanya pandemi ini tentu mempengaruhi beberapa bidang kehidupan.
Salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19 adalah pendidikan. Bahkan sektor pendidikan di seluruh dunia tengah gencar melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh melalui daring atau online learning. Tidak terkecuali di Indonesia, yang kemudian mau tidak mau harus mengadopsi proses pembelajaran ini untuk tetap memfasilitasi proses belajar para siswa dan tetap berada di rumah untuk mengikuti anjuran dari pemerintah.
Bagi sebagian orang, tentunya proses pembelajaran ini bukanlah hal yang sulit asal didukung oleh akses yang memadai. Namun demikian, hal ini justru agak sulit jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
Seperti akses internet yang tidak merata di seluruh Indonesia. Di kota-kota besar, akses internet sudah cukup lancar, tetapi di daerah tertentu aksesnya lambat sehingga belajar secara daring tidak efektif. Sinyal yang hilang menyebabkan terjadinya buffering. Akibatnya siswa kehilangan konsentrasi atau kehilangan bagian tertentu dari materi yang dibahas. Belum lagi soal biaya paket data yang harus dikeluarkan. Dalam situasi ekonomi sulit seperti ini, tambahan biaya menjadi beban berat bagi banyak orang.
Tak hanya keterbatasan dalam media pembelajaran, kemampuan memahami dan menyerap materi yang diajarkan jauh berkurang mengingat para pelajar hanya belajar di depan layar. Karena faktanya, proses pemahaman sebuah masalah dapat diperoleh secara maksimal dengan menggunakan lima pancaindra. Keterbatasan belajar di layar mereduksi kemampuan alamiah ini. Namun, interaksi dan diskusi dengan sesama pelajar dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman atas materi-materi sulit selama masa pandemi ini.
Ditinjau dari seluruh keterbatasan yang tengah dialami pelajar dalam masa pandemi ini, ironisnya pembelajaran jarak jauh adalah satu-satunya pilihan terbaik yang dapat dilakukan. Sehingga, seorang pelajar harus tetap mampu berpacu mengembangkan pengetahuannya khususnya dalam akademik meskipun berada dalam situasi seperti ini
-Gloria Fortuna

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini