Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Problematika Pelajar Menghadapi Kenormalan Baru Dunia Pendidikan


Di dunia saat ini sedang marak-maraknya wabah COVID-19. Dengan masuknya virus ini di Indonesia saat ini berdampak bagi seluruh masyarakat diberbagai bidang seperti sosial, ekonomi, pariwisata, dan juga pendidikan. Dikeluarkannya Surat Edaran (SE) oleh pemerintah pada tanggal 18 Maret 2020 segala kegiatan didalam dan diluar ruangan di semua sektor sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran virus ini terutama pada bidang pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID, yang didalamnya dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh yang dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi pelajar.
Dengan pembelajaran daring, para pelajar dapat memiliki keleluasaan waktu belajar kapanpun dan dimanapun. Pelajar juga dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti rumah belajar, google classroom, video converence, telepon atau whatsapp group, dan yang lainnya. Pembelajaran seperti ini merupakan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan akan ketersediaan sumber belajar yang variatif. Teknologi sangat berperan penting dengan melihat disrupsi akibat pandemi, termasuk disrupsi dunia pendidikan.
Pembelajaran dari rumah ini benar-benar dirasakan berat bagi pelajar maupun tenaga pengejar, bahkan orang tua. Semua lini masyarakat dipaksa untuk bertransformasi dan beradaptasi pada konisi pandemi ini. Masyarakat diharapkan mampu beradaptasi secara ekonoi untuk berpindah ke strategi pembelajaran online. Meskipun, dalam kenyataannya, banyak sekali tantangan yang dihadapi.
Pembelajaran online menyisakan berbagai problematika. Terlebih kesehatan baik fisik maupun psikis para pelajar. Mereka akan rentan mengalami kelelahan secara fisik maupun psikis. Berada di dalam rumah terus-menerus memilii dampak psikologis yang berbeda-beda bagi pelajar, tak jarang juga rasa bosan bisa mengakibatkan demotivasi untuk belajar. Kelelahan ini akan menyerang pelajar secara umum di masa pandemi COVID-19. Di saat mereka mulai kelelahan dengan tugas yang diberikan, konsentrasi belajar mereka juga akan terganggu. Di sisi psikis mereka akan jadi mudah stres dan juga uring-uringan dan berdampak pada penyerapan materi pembelajaran mereka. Sebagaian besar pelajar merasa masih mendapatkan penugasan yang berat. Mereka merasa kesulitan karena tugasnya begitu menumpuk dan harus dikerjakan dalam waktu yang singkat. Keluhan lainnya datang karena naiknya tensi akibat terlalu lama menghadap laptop maupun smartphone untuk mengerjakan tugas.
Seharusnya pembelajaran online ini dibuat semenarik mungkin dan juga membuat pelajar semakin lebih bersemangat. Namun, sudah hampir tiga bulan diadakan pembelajaran jarak jauh, keadaan emosional pelajar seakan dibawa naik turun. Ini juga merupakan tantangan bagi pelajar untuk mengatur kesehatan fisik dan psikisnya di saat pandemi COVID-19 seperti ini. Memang sulit, tapi setidaknya berusaha untuk menjadi lebih bersabar. Dengan kondisi wabah virus COVID-19 tengah menyerang, kompetensi akademik bukanlah menjadi prioritas lagi. Justru yang menajdi prioritas adalah kompetensi untuk bertahan hidup dan saling mengingatkan agar selalu menjaga kesehatan diri. Ciptakan suasana aman dan tentram agar kalian, para pelajar, bisa melakukan aktivitas pembelajaran yang produktif. Jika merasa diri kalian terlalu sering mengahadap gadget, coba lakukan kegiatan lain yang bisa menenangkan mata dan juga badan, stretching misalnya. Lakukan hal-hal yang menyenangkan setelahnya juga. Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jangan ragu-ragu berkonsultasi dengan yang lebih profesional apabila membutuhkan
-Pratiwi Wijayanti

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini