Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, April 24, 2020

Kesetaraan Gender Pendorong Pertumbuhan Bisnis


         Gender merupakan perbedaan antara laki – laki dan perempuan yang tidak bersifat kodrati. Perbedaan yang bukan kodrati itu misalnya perbedaan peran, tanggung jawab, fungsi dan bahkan ruang tempat dimana manusia beraktivitas. Sedemikian rupanya perbedaan gender ini melekat pada cara pandang manusia, sehingga seakan akan hal itu merupakan sesuatu yang permanen dan abadi.
Pada saat sekarang ini, tidak terdapat perbedaan antara gender perempuan dan gender laki-laki. Hal itu terlihat ketika saat sekarang ini banyak sekali para pekerja bisnis yang tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki, tapi banyak juga dari kaum perempuan beda halnya dengan zaman dahulu yang rata-rata pekerja bisnis didominasi oleh kaum laki-laki dan kaum perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga. Hal ini menjadi suatu perubahan yang sangat luar biasa. Bahkan bisa dibilang kesetaraan gender yang terjadi di lingkungan kerja dapat mendorong peningkatan produktivitas dan pertumbuhan bisnis secara signifikan dan ini banyak diyakini oleh para pemimpin perusahaan. Kesadaran seperti itu makin lama makin meluas tetapi masih terdapat sejumlah tantangan seperti budaya lama yang telah mandarah daging yang sulit untuk dirubah yang beranggapan bahwa kaum perempuan nantinya atau akhirnya akan berada di dapur. Masih terdapat banyak pemikiran -pemikiran seperti ini di sebagian besar masyarakat. Bagi beberapa perusahaan, ketika mereka mampu mendapatkan lebih banyak perempuan pada jajaran atasan merupakan sebuah prestasi yang dapat dibilang prestasi yang besar. Untuk dapat terus berkembang didunia bisnis, suatu perusahaan atau organisasi dituntut untuk menciptakan suatu kondisi atau situasi di lingkungan kerjanya yang ramah gender, menggalakkan atau mengedepankan praktik keragaman dan terus meningkatkan jumlah perempuan yang memegang posisi kunci di suatu perusahaan bisnis. Banyak saat ini yang kita lihat bahwa posisi posisi kunci perusahaan sebagian besar dipegang oleh kaum perempuan. Hasil penelitian bank dunia menyebut tingkat kesejahteraan secara global dapat meningkat 21,7% jika kesetaraan gender dapat diimplementasikan. Dan begitu juga sebaliknya ketika terjadi ketidaksetaraan gender itu merupakan sebuah kerugian besar.
Jadi, saat ini bukan lagi saatnya kita menyebut kaum perempuan dianggap sebagai beban, tetapi potensi yang sangat luar biasa yang dapat memacu pertumbuhan bisnis secara cepat dan bahkan dapat memajukan pertumbuhan ekonomi nasional.  


-Fahri Ramadhan-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini