Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, June 28, 2019

Yuk pikirkan lingkungan mulai saat ini!


      Dijaman yang serba canggih ini masyarakat berlomba-lomba mengadakan pembangunan di segala penjuru negeri dengan harapan agar dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk di dalam negeri. Pembangunan seperti halnya pembuatan jalan tol ataupun pembangunan perumahan-perumahan elit. Tapi tahukah anda, bahwa pembangunan-pembangunan yang dilakukan tersebut dapat menimbulkan hal-hal yang merugikan masyarakat itu sendiri?
      Tanpa kita sadari walaupun pembangunan itu menghasilkan dampak yang menguntungkan (seperti halnya meningkatkan taraf hidup masyarakat atau membuat dunia semakin dekat dengan adanya jalan tol) tetapi pembangunan juga menghasilkan dampak yang merugikan bagi masyarakat. Yuk simak dampak apa saja yang dapat dihasilkan dari pembangunan-pembangunan di negeri.
Pembuatan jalan tol memang terkesan dapat sangat membantu masyarakat dari kota tertentu untuk dapat berpindah dari kota lainnya dengan mudah. Ekonom dari Center Of Reform on Ekonomics (CORE) Indonesia, Akhmad Akbar Susamto, menyebutkan bahwa sejumlah kelemahan dan dampak negatif pembangunan jalan tol yakni berkurangnya jumlah lahan pertanian. Karena sebenarnya lahan pertanian yang dibangun tersebut mengambil alih lahan pertanian milik warga. Oleh karena itu, jumlah lahan pertanian yang ada berkurang secara signifikan. Hal ini pula dapat menyebabkan meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia karena para petani kehilangan pekerjaannya.
     Pembangunan perumahan-perumahan elit dapat menyebabkan dampak terhadap lingkungan berupa adanya perubahan alih fungsi lahan, terjadinya penurunan kualitas air sumur, peningkatan jaringan drainase dan jaringan jalan.
         Karena kita telah mengetahui apa saja dampak negatif yang timbul dari pembangunan yang ada, diharapkan selain meningkatan kesejahteraan masyarakat juga mempertimbangkan dampak tersebut pula. Sehingga kesejahteraan lingkungan juga tidak terganggu. Karna apa yang kita lakukan hari ini, berdampak bagi anak cucu kita kelak.

-Monica Shahnaz S-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini