Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, June 28, 2019

MASIH MAU JADI PERUSAK ALAM INDONESIA?


Unsur lingkungan hidup dibagi menjadi 3 yaitu, unsur lingkungan biotik, unsur lingkungan abiotik, dan unsur sosial budaya. Ketiga unsur ini saling berkaitan satu sama lain, maka apabila satu unsur terganggu maka unsur yang lain juga akan terganggu. Contohnya apabila manusia membuang sampah ke sungai maka ekosistem yang ada disungai juga akan terganggu. Dan apabila pembuangan tersebut terjadi secara terus menerus maka sungai menjadi rusak dan manusia juga yang akan dirugikan.
Namun akhir-akhir ini banyak sekali campaign save earth yang di lakukan oleh masyarakat dunia. Ini dilakukan mengingat semakin menipisnya tingkat kesadaran masyarakat akan penjagaan terhadap lingkungan sekitar khususnya di Indonesia. Berdasarkan fakta yang ada sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton pertahunnya dan sebanyak 3,2 juta ton dibuang kelautan. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Apabila hal ini terus dilakukan maka manusia juga yang akan rugi, padahal ini semua merupakan ulah manusia.
Pasti kita menjadi salahsatu bagian dari pengguna sampah plastik tersebut kan??? Maka dari itu untuk meminimalisirkan penumpukkan sampah yang terjadi, ayo kita sama-sama menjaga bumi dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. Bagaimana caranya? Sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi kita, yaitu dengan menggunakan stainless straw, dan juga mengganti penggunaan plastik biasa dengan yang biodegradable.  Loh katanya suruh ngurangin plastik tapi ko tetep disuruh pake plastik juga? Tenang plastik biodegradable merupakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari singkong dan dapat hancur apabila dimasukkan kedalam air panas.
Apa masih mau memalukan Indonesia dengan menjadi penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia? Maka dari itu, Ayo sadarkan diri kita dengan beralih dari penggunaan plastik ke barang-barang yang ramah lingkungan.


-Adinda Chairunnisa-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini