Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 21, 2019

PENDIDIKAN INTELEKTUAL ATAU PENDIDIKAN MORAL



Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa terbentuknya SDM yang unggul dapat dicapai melalui pendidikan intelektual dan pendidikan moral.

Pendidikan adalah pilar pembangunan SDM bagi bangsa Indonesia, semua masyarakat dapat dan berhak meraih pendidikan. Dalam segi Pendidikan Intelektual Indonesia sangatlah  maju. Banyak orang – orang cerdas yang mengharumkan bangsa Indonesia. Bahkan kursi pemerintahan kita sekarang diisi oleh orang – orang yang mempunyai intelektualitas tinggi. Lain halnya dalam segi Pendidikan Moral. Indonesia masih jauh dari kata sempurna, karena masih banyaknya sikap – sikap amoral yang dilakukan masyarakat Indonesia seperti korupsi, rasa intoleran, dan yang paling mendasar adalah membuang sampah sembarangan. Jadi, manakah yang lebih penting Pendidikan Intelektual atau Pendidikan Moral?

Dewasa ini, Indonesia terlalu fokus dalam membangun SDM yang unggul melalui Pendidikan Intelektual sehingga melupakan pentingnya Pendidikan Moral. Padahal pendidikan tidak hanya sekedar proses belajar guna mengejar kecerdasan tetapi juga untuk mengejar kepribadian yang unggul. Jika pendidikan hanya mengejar kemampuan intelektual saja, maka dapat menghasilkan manusiayang pintar tapi tidak baik. Pada dasarnya manusia pintar tapi tidak baik itu merupakan suatu bahaya karena mempunyai kesempatan untuk berbuat perilaku amoral. Oleh sebab itu Pendidikan Moral sama pentingnya dengan Pendidikan Intelektual.

Kesimpulannya, bahwa kita semua sepakat kalau pendidikan adalah hal yang sangat penting. Karena Pendidikan adalah Pilar Pembangunan SDM yang unggul. SDM yang unggul tercipta karena baiknya Pendidikan Intelektualitas  dan Pendidikan Moral. Intelektualitas dan Moral adalah hal yang tidak dapat dipisahkan untuk membangun SDM yang unggul. Keduanya sama pentingnya dalam membangun  SDM.

-Alfi Oka R-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini