Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, May 17, 2019

Pendidikan Bukan Penentu Perilaku Seseorang


Kalau kata orang, pendidikan menentukan sikap dari diri kita. Seorang yang berpendidikan pasti memiliki perilaku yang baik. Apakah demikian? Pertanyaan – pertanyaan tersebut menuai kontra di zaman sekarang. Nyatanya orang yang berpendidikan belum tentu memiliki perilaku  yang baik, bahkan bisa jadi memiliki sikap dan perilaku yang lebih buruk dari seseorang yang tak berpendidikan.

Sejak kecil orang tua kita pasti selalu menanamkan nilai – nilai kebaikan, selalu memberikan ajaran yang menurut mereka akan berguna di masa yang akan datang untuk anaknya. Sebagai contoh, Orang tua tak mungkin mendidik anaknya untuk menjadi seorang pembohong, pasti selalu mengajarkan anaknya menjadi seorang yang tak pernah menyembunyikan kebenaran.

Miris sekali keadaan di zaman ini, banyak orang berpendidikan tapi sikap nya tak mencerminkan sebagai seorang yang berpendidikan. Apa arti nya pendidikan , kalau sikapmu tak mencerminkan pendidikanmu ? Ini menjadi tamparan buat diri sendiri. Mau dibawa kemana sikap para penerus bangsa ini? Hai para pemuda sadarkah kalian dengan apa yang telah dilakukan? Banyak yang kalian lakukan mengakibatkan dampak keresahan. Ya, tidak semua seperti itu, tapi masih ada dari mereka yang bertindak semaunya sendiri. Orang berpendidikan pasti tau apa itu sebuah "larangan". Ya sebuah peraturan yang bukan untuk dilanggar. Mari kita lihat, pasti masih banyak diantara kalian yang masih membuang sampah sembarangan? Tentu banyak. Padahal kita sering melihat slogan "Buanglah Sampah Pada Tempatnya " pasti kalian bisa bacakan? kenapa perintah tersebut kalian langgar? nanti, ketika dampak dari yang dilakukan terjadi kalian menyalahkan orang lain. Padahal diri kalian lah yang membuat dampak negatif itu terjadi. Seorang yang berpendidikan pasti tau apa sikap yang harus dilakukan, bukan anak kecil lagi yang tak mengerti apa - apa. Bahkan sepertinya anak kecil sekarang aja lebih mengerti tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Malu dong kita sama anak kecil yang sebenernya mereka aja ga paham. Malu juga sama almamater kalian , masa buang sampah aja masih sembarangan?

Tidak hanya itu saja masih banyak sikap yang dilakukan seorang yang memiliki pendidikan tapi seperti tak berpendidikan. Banyak disana yang menikmati singgahsana tapi mereka lupa duduk di sana karena sebuah kewajiban. Mereka hanya menikmati hak mereka tanpa melakasanakan dengan baik sebuah kewajiban. Pada akahirnya, setiap yang kita lakukan akan dimintakan pertanggung jawaban.  Setidaknya diatas itu menjadi sebuah renungan, kita sebagai seorang yang mengaku berintelektual hendaknya cerminkan juga dalam sikap dan perilaku kita sehari – hari. Jadilah panutan yang baik kelak akan menjadi generasi penerus bangsa.

-Nabila Azzahra-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini