Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, May 13, 2019

Kenapa Pendidikan?


Pendidikan adalah usaha sadar untuk mewujudkan masyarakat yang dapat mengembangkan potensi dirinya, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, akhlak serta akal budinya. Pembangunan pendidikan adalah upaya untuk mewujudkan tujuan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea-4 yaitu “memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Berpijak pada amanat tersebut, maka pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan yang diselenggarakan melalui sistem pendidikan nasional.

Tujuan pendidikan sebagaimana disebutkan di atas, tampaknya masih jauh dari harapan masyarakat Indonesia. Pelaksanaan pendidikan berjalan seadanya dan telah berhasil mencetak manusia intelektual, alim tetapi kurang bermoral.

Kenyataan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sedang mengalami krisis moral baik di tingkat penguasa maupun masyarakat biasa. Pendidikan moral pada lembaga pendidikan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi sudah diberikan dan diatur dalam kurikulum yang berlaku. Pendidikan moral yang diharapkan untuk membentuk karakter individu telah diajarkan pada semua kalangan baik kalangan pejabat tinggi negara sampai pada kegiatan organisasi kemasyarakatan, ternyata gagal membawa masyarakat kita ke arah yang lebih baik dalam hal membentuk karakter bangsa. Maraknya korupsi, kejahatan seksual, penggunaan obat-obat terlarang dan kegiatan menyimpang lainnya bukan dilakukan oleh manusia yang tidak berpendidikan, akan tetapi sebagian besar pelakunya adalah mereka yang berpendidikan bahkan berpendidikan tinggi.

Oleh karena itu, pendidikan moral itu merupakan bagian penting dalam membangun jati diri bangsa. Permasalahan moral generasi sekarang merupakan akumulasi dari kesalahan pendidikan masa lalu yang kurang menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajarannya. Pendidikan hanya mengejar kemampuan intelektual saja, sehingga menghasilkan manusia yang pintar tetapi tidak baik.

-Anisa Widyastuti-



No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini