Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, April 16, 2019

Peran Mahasiswa Dalam Menyikapi Polemik Pemilu Tahun Ini






Mahasiswa bagaimanapun adalah kelompok sosial yang istimewa di tengah masyarakat Indonesia. Karena kita ini masih dianggap memiliki peranan yang sangat berarti dalam sejarah bangsa ini, terutama sebagai penyambung aspirasi rakyat yang sangat dipercaya dan bersih dari tunggangan kepentingan golongan tertentu.

Dan tak terasa juga pesta demokrasi di negara ini sudah semakin dekat, kita mahasiswa sebagai agent of change tentunya harus ikut ambil peran dalam pesta demokrasi ini supaya berjalan dengan seharusnya.

Tentunya didalam suatu pesta itu pasti ada kesalahan, baik itu dilakukan oleh si penyedia pesta ataupun bisa juga dilakukan oleh si penikmat pesta. Nah maka dari itu dari sinilah peran mahasiswa yang seharusnya akan teruji, mahasiswa yang notabene sebagai agent of control benar-benar harus menjaga idealisnya sebagai mahasiswa dengan tetap mengontrol dan mengkritisi suatu kebijakan pemerintah yang tidak pro kepada rakyat. Beban moral sebagai mahasiswa harus benar-benar dilakukan sesuai tujuan utama yaitu memperjuangkan agar rakyat ini sejahtera. Karena bisa saja ketika kita bergabung dengan suatu partai politik maka itu dapat mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap kita, oleh karena itu pada masa ini para mahasiswa diharuskan untuk menyesuaikan dirinya terhadap pesta demokrasi ini.

Apabila terjadi suatu polemik pemilu yang dimana polemik tersebut mengharuskan para mahasiswa untuk bertindak cepat, maka yang harus kita lakukann bertindak dengan cepat juga supaya polemik tersebut selesai dan tidak mengganggu pesta demokrasi kita. Atau juga tenaga kita para mahasiswa dapat dipakai untuk menjaga tps yang memang membutuhkan tenaga lebih karena dengan begitu kita sudah membantu menyelasaikan polemik pemilu yang ada saat ini.

Dan juga di tahun politik ini, mahasiswa sebaiknya memilah terlebih dahulu berbagai informasi yang ada. Termasuk informasi yang beredar di media sosial, informasi yang didapatkan setiap menit maupun detik sebaiknya terlebih dahulu melalui berbagai kajian yang mendalam untuk menarik sebuah kesimpulan.

- Ahmad Shidqi M -

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini