Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, March 30, 2019

Selamat Hari Film Nasional!


Selamat Hari Film Nasional! Ditetapkannya tanggal 30 Maret sebagai Hari Film Nasional merupakan hasil konferensi dari Dewan Film Nasional pada 11 Oktober 1962. Keputusan tersebut akhirnya diresmikan pada masa pemerintahan BJ Habibie.
Tanggal tersebut berkaitan dengan hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi pada tanggal 30 Maret 1950 yang disutradarai oleh Usmar Ismail. Hal ini disebabkan karena film ini dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia. Selain itu film ini juga merupakan film pertama yang benar-benar disutradarai oleh orang Indonesia asli dan juga diproduksi oleh perusahaan film milik orang Indonesia asli yaitu Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) dimana Usmar Ismail tercatat juga sebagai pendirinya.
Produksi film ‘Darah & Doa’ memicu perkembangan perfilman tanah air periode 1950 hingga 1962 dan kerap disebut sebagai awal kelahiran film Nasional.
Seiring berjalannya waktu, film Indonesia pun mulai meniti kesuksesan pada tahun 1980an. Hanya saja kesuksesan itu menurun drastis pada dekade berikutnya. Film Indonesia sempat dalam keadaan mati suri. Yang disebabkan oleh berkembang pesatnya perkembangan televisi swasta dan munculnya teknologi sebagai pesaing baru. Namun hal ini menandai bergerak majunya industri ini ke arah yang lebih baik.
Kini, seiring tahun, film Indonesia semakin berkembang dengan ragam cerita yang kreatif dan inovatif. Film Indonesia perlahan diminati lagi oleh publik sendiri. Terhitung empat tahun terakhir, pencapaian jumlah penonton film Indonesia meningkat setiap tahunnya.
Kemendikbud mencatat ada 16 juta penonton pada 2015, jumlah tersebut terus meningkat menjadi 36 juta pada 2016, 42 juta pada 2017 dan 48 juta pada 2018.
Terlepas dari beberapa versi sejarah yang ada, Hari Film Nasional menjadi momen perayaan bagi perfilman Tanah Air. Hari ini menjadi bentuk apresiasi bagi dunia layar lebar dan mereka yang berkecimpung di dalamnya.
Selamat Hari Film Nasional untuk semua peminat film Indonesia!






No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini