Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, April 17, 2019

Menyambut Pesta Demokrasi



Pemilihan umum, yang lazimnya disebut-sebut sebagai pesta demokrasi. Merupakan suatu sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dan sebagai salah satu perwujudan prinsip demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia. Pemilu digunakan untuk memilih pemegang tongkat kekuasaan negara. Bangsa ini percaya bahwa dengan ditegakkannya demokrasi maka akan mencapai kesejahteraan dan keadilan pada seluruh rakyatnya.
Tanggal 17 April 2019 menjadi tanggal diadakannya pesta demokrasi besar-besaran ditahun ini. Tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, namun juga memilih DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten / Kota. Tak ayal, isu-isu politik pun masih mewarnai pemilu kali ini. Dimana rakyat negara ini bagaikan terbagi-bagi dalam suatu kubu ketika sudah mendukung calon pasangan kepercayaannya. Merasa bahwa calon yang mereka dukung ialah yang paling benar. Sehingga segala cara pun dihalalkan dalam berkampanye demi mendapatkan kekuasaan. Mulai dari menciptakan berita hoax, saling menjatuhkan, hingga menebar kebencian.
Padahal prinsip demokrasi yang dimiliki Indonesia seharusnya membuat kita bebas berpendapat dan menggunakan hak suara dengan pilihan yang kita yakini demi kepentingan bersama, bukan kepentingan pihak tertentu. Untuk itu, kita dituntut berpikir secara rasional dan pandai memilah informasi yang kita dapatkan agar menghindari hoax. Jangan sampai pesta demokrasi ini malah memecah belah bangsa Indonesia. Dan semoga rakyat Indonesia tidak menjadi korban dari pertikaian kekuasaan saat ini.

-Jihan Fitriana-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini