Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, November 21, 2018

Press Release PAS PKMP Akuntansi 2018

PRESS RELEASE
Pas Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Akuntansi (PKMP) Akuntansi
Departemen Kaderisasi
BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2018

Hari Pertama
Pas PKMP Akuntansi hari pertama dilaksanakan pada hari Jumat, 9 November 2018. Semua panitia mulai berkumpul untuk mengadakan briefing terlebih dahulu di depan BAAK pada pukul 15.07 WIB. Setelah itu, mulai dilakukan pengondisian pada pukul 15.38 WIB. Peserta PKMP diarahkan untuk berkumpul di Teater Terbuka. Ketika peserta sudah duduk, mulai dilakukan registrasi peserta yang diarahkan oleh sekretaris. Tak lama berselang, mulai dilakukan razia mengenai pakaian yang tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Peserta yang telat datang juga ditindak oleh Sie. KDSP dan diberikan sanksi. Cuaca pada saat itu agak mendung dan tidak secerah hari yang lalu. Apel pembukaan yang seharusnya dilaksanakan tidak bisa untuk dilaksanakan. Mengingat langit sudah mendung, maka peserta diarahkan untuk pindah lokasi ke samping Gedung Dewi Sartika pada pukul 17.06 WIB.
Setelah itu, mulai dilakukan pembukaan oleh MC, yaitu Muhammad Ridwanullah. Selanjutnya semua peserta mendengarkan tilawah dan saritilawah yang dibacakan oleh Dimas Wiratama dan Adien Amelia. Pengumpulan barang bawaan konsumsi dan pengumpulan tugas dilakukan setelahnya. Pukul 17.53 WIB, peserta diarahkan untuk shalat ke Masjid Nurul Irfan hingga pukul 19.37 WIB. Kemudian dilanjutkan registrasi ulang bagi peserta yang belum melakukan registrasi sebelumnya. Setelah itu peserta diperkenankan untuk makan malam. Para peserta sudah membawa bekal makan malam dan kemudian makan secara bersama-sama. Kemudian, para peserta diarahkan untuk pemberitahuan barang amanah. Para ketua kelompok berkumpul untuk diberikan barang amanah bagi kelompoknya masing-masing. Setelah itu, diselingi penampilan yel-yel oleh kelompok 9. MC setelahnya menutup acara. Kemudian para peserta dan panitia bersiap-siap untuk menuju Villa Ar-Rahman menggunakan tronton sekitar pukul 20.30 WIB.

Hari Kedua
Pukul 00.30 WIB peserta sampai di villa dan langsung dikondisikan untuk istirahat hingga pukul 03.30 WIB. Setelah itu, pengondisian shalat Shubuh oleh Sie KDSP, setelah pelaksanaan shalat Shubuh dilanjut dengan pembacaan tilawah dan al-matsurat serta kultum hingga pukul 04.59 WIB. Kemudian peserta diarahkan untuk mengganti baju. Acara selanjutnya adalah senam pagi yang dipimpin oleh M. Ridwanullah dan M. Ridlo Akbar serta beberapa dari peserta. Setelahnya peserta diizinkan untuk bersih-bersih hingga pukul 06.38 WIB. Setelah itu adalah pengondisian dan pelaksanaan shalat Dhuha. Acara kembali dilanjutkan dengan sarapan pagi pada pukul 06.58 WIB.
Pukul 07.25 WIB acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, yaitu Dewi Wulandari dan M. Ridwanullah. Pada kesempatan ini, MC meminta beberapa orang peserta untuk maju yang selanjutnya diminta menjadi pengisi acara. Setelah itu ada penampilan yel-yel dan jargon dari beberapa kelompok. Pukul 07.40 WIB, peserta melakukan kepekaan sosial berupa pengabdian masyarakat yang dilaksanakan disekitar villa. Pukul 08.36 WIB peserta kembali ke villa dan dilanjutkan dengan pemaparan hasil kepekaan sosial tiap kelompok hingga pukul 09.15 WIB.
Acara kembali dilanjutkan dengan pemaparan Materi “Mekanisme Sidang” yang disampakan oleh Kak Siti Auliyanti Nurbach dan dimoderatori oleh Elis Susilawati hingga pukul 09.46 WIB. Pukul 10.26 WIB, diadakan simulasi sidang oleh peserta sesuai arahan pembicara. Simulasi diakhiri dengan evaluasi hingga pukul 11.27 WIB. Setelah itu, peserta dikondisikan untuk shalat Dzuhur. Kemudian langsung dilanjutkan dengan makan siang hingga pukul 11.53 WIB. Acara selanjutnya adalah pemaparan Materi “Pengenalan Lembaga Eksekutif BEM Prodi” yang diselingi oleh penampilan beberapa kelompok. Pemaparan materi disampaikan oleh Badan Pengurus Harian Inti BEM Prodi Akuntansi, yaitu M. Mudrick Widodo, Viandra Kurniawan, Elvina Tri Novembriani dan Audira Eri Viulina dan dimoderatori oleh Adelia Agustin. Dan ditutup dengan sesi tanya jawab pada pukul 12.47 WIB. Selanjutnya ada penampilan dari beberapa kelompok untuk mencairkan suasana. Acara kemudian kembali dilanjutkan dengan pemaparan Materi “Pergerakan Mahasiswa” yang disampaikan oleh Kak Akbar Kurnianto dengan moderator Dimas Fajar Aria pada pukul 13.45 WIB. Setelahnya ada sesi tanya jawab hingga pukul 14.15 WIB.  Lalu peserta dikondisikan untuk shalat Ashar.
Pukul 15.27 WIB acara dilanjutkan dengan simulasi aksi yang diarahkan oleh pembicara. Simulasi ini berlangsung hingga pukul 17.16 WIB dan ditutup dengan evaluasi aksi. Setelah itu, peserta diizinkan untuk bersih-bersih hingga pukul 18.05 WIB. Setelahnya, peserta melaksanakan shalat Maghrib yang dijamak shalat Isya dan pembacaan al-matsurat. Pukul 18.35 WIB, peserta kembali dikondisikan untuk siap menerima materi. Sebelum materi, acara diselingi dengan ice breaking oleh peserta hingga pukul 18.59 WIB. Setelahnya ada pemaparan materi “Mekanisme Pemilu” yang disampaikan oleh Kak Yulyani Yogi Pangastuti dan dimoderatori oleh Desy Rahmawati hingga pukul 21.24 WIB dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Setelah itu, peserta diarahkan untuk istirahat.

Hari Ketiga
Acara pada hari ketiga diawali dengan pengondisian jurit malam pada pukul 00.20 WIB oleh Sie KDSP. Jurit malam dilakukan mulai pukul 00.30 WIB. Disini para peserta mendapatkan barang amanah berupa sebuah lilin untuk dua kelompok. Setiap dua kelompok didampingi oleh seorang LO untuk sampai ke 6 pos, yaitu : Pos Review Materi, Pos Bayangan, Pos Edukasi, Pos Kepemimpinan, Pos Mental, dan Pos Moral. Pelaksanaan jurit malam selesai pada pukul 04.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan pengondisian shalat Shubuh. Peserta melaksanakan shalat Shubuh secara berjamaah dan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan al-matsurat. Pukul 05.40 WIB peserta dikondisikan untuk mengganti baju siap kotor. Kemudian dilanjutkan dengan shalat Dhuha pada pukul 06.30 WIB hingga 07.00 WIB. Setelah shalat Dhuha, acara selanjutnya adalah makan pagi yang telah disiapkan oleh Sie Konsumsi.
Selanjutnya, pada pukul 07.15 WIB peserta dikondisikan untuk manajemen konflik oleh Sie KDSP. Manajemen konflik sendiri dimulai pada pukul 07.30 WIB. Disini peserta diarahkan untuk menyalakan lilin di tempat yang telah ditentukan. Namun, pada perjalanannya mencapai tempat tersebut, peserta harus menjaga api yang telah diberikan sebelum Manajemen Konflik oleh Sie KDSP tetap menyala dengan cara menyambungnya dengan korek api, sementara panitia yang lain berusaha menganggu dengan menyiram air kearah peserta. Pukul 10.15 WIB, acara dilanjutkan dengan bersih-bersih dan packing barang bawaan. Selanjutnya peserta diminta untuk mengumpulkan buku MAGNET untuk dicap sebagai bukti mereka telah mengikuti PKMP. Setelah itu, pada pukul 11.00 WIB, MC mengumumkan pemenang kelompok terbaik, yaitu Kelompok Merah. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengembalian barang sitaan dan barang bawaan peserta.
Pukul 11.50 WIB, Sie KDSP mengondisikan peserta untuk shalat Dzuhur yang dijamak dengan shalat Ashar. Kemudian pukul 12.30, peserta makan siang. Dilanjutkan dengan Kapita Selekta Eksekutif BEM Prodi Akuntansi hingga pukul 16.00 WIB. Kemudian penyebaran angket oleh BPM hingga pukul 16.10 WIB. Acara ditutup dengan doa penutup, kemudian pengondisian pulang.

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini