Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, September 22, 2018

Pentingnya Kesadaran Masyarakat Dalam Membangun Toleransi



Di jaman millenial ini jiwa toleransi harus lebih ditekankan lagi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih pada jaman ini membuat masyarakat semakin diuji akan kesadaran dalam bernegara.
Kita sebagai penerus bangsa harus pandai membuat negara kita sebagai negara yang sejahtera dan tidak ada bentrok satu dengan yang lainnya. Kehidupan bermasyarakat perlu adanya saling menghargai kepentingan kepentingan individu supaya masyarakatnya sendiri itu dapat saling bertoleransi, karena di dalam kehidupan ini kita tidak hidup sendiri, kita hidup secara berkelompok yang merupakan sifat alamiah manusia yang saling membutuhkan satu sama lain. Masyarakat yang beragam ini akan memiliki banyak perbedaan-perbedaan, sehingga sangat mungkin perbenturan hak akan sering terjadi antara individu dalam kehidupan bermasyarakat ini. Solusi dari perbenturan hak-hak dalam masyarakat akan tertuang, dalam peraturan yang ada dalam masyarakat, baik yang tertulis maupun yang tidak, yang biasanya di sebut dengan norma-norma. Masalah perbenturan hak adalah masalah yang penting. Masalah ini akan menentukan kondisi suatu masyarakat. Bila masalah ini dapat terselesaikan dengan baik, maka masyarakat itu akan hidup dengan nyaman, dan sebaliknya bila masalah ini tidak terselesaikan, masyarakat hidup dalam kondisi yang tidak menyenangkan.
Maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mempertahankan jiwa toleransi yang merupakan hal terpenting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.


- Nur Komala -

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini