Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, July 24, 2018

Siap Menjadi Tuan Rumah!


Asian Games merupakan ajang perlombaan yang diadakan setiap 4 tahun sekali dan diikuti oleh negara-negara di Asia. Pada tahun 2018 ini Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 unuk kedua kalinya yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.
Asian Games tahun 1962 yang digelar Jakarta merupakan yang ke-4 dan berlangsung mulai dari 24 Agustus sampai dengan 4 September 1962. Pada tahun 1962 Soekarno memilih Kampung Senayan sebagai lokasi pembangunan megaproyek Asian Games 1962. Di dalam kawasan itu dibangun sebuah stadion megah, yang kini bernama Stadion Utama Gelora Bung Karno, wisma atlet, dan sejumlah gelanggang olahraga lain di sekitarnya.
Pada tahun 2018 Asian Games akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 di Indonesia diadakan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang. Venue petandingan di Jakarta terbagi atas tiga wilayah, yakni Cluster Jakarta 1, Cluster Jakarta 2, dan Cluster Jakarta Suburb. Pada Cluster Jakarta 1, terdapat dua arena pertandingan, yakni Gelora Bung Karyo (GBK) dan Jakarta Convention Center (JCC), di Senayan. Untuk Cluster Jakarta 2, tempat pertandingan yang disediakan adalah Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Kemayoran, GOR POPKI Stadium Cibubur, Theater Garuda, Jakarta Internation Equistrian Park, Pulomas International BMX Center, dan Jakarta International Velodrome. Ancol juga merupakan bagian dari Cluster Jakarta 2 yang menyediakan tempat pertandingan di Ancol Beach dan Sea Front Marina. Lapangan Baseball Rawamangun serta Padepokan Pencak Silat TMII, pun masuk dalam Cluster Jakarta 2. Pada Jakarta Cluster Suburb, lokasi-lokasi di luar Jakarta seperti Banten, Jawa Barat, juga digunakan sebagai tempat pertandingan Asian Games 2018 nantinya.Sedangkan di Palembang diadakan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.
Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke IV ini khususnya Jakarta dan Palembang yang menjadi tempat berlangsungnya perlombaan masih melakukan pengembangan infrastruktur dimana agar perlombaan dapat diaksanakan dengan nyaman dan dapat berkean bagi atlet dari negara lain se-Asia.


- Dimas Wiratama -

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini