Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Thursday, December 28, 2017

Memaknai Hari Pahlawan bagi Pemuda Jaman Now

10 November merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, di hari tersebut bukanlah sembarang hari bagi bangsa dan negara yang dalam proses kemerdekaannya dipenuhi banyak tumpah darah para pejuang melawan para penjajah untuk merebut cita-cita besar bangsa ini yaitu MERDEKA.

Hari Pahlawan menjadi momentum penting serta bukti bagaimana Perjuangan para pendahulu kita tidak boleh di sia-siakan. Tentu perjuangan mereka bukanlah hanya berlandaskan kemanusiaan belaka tetapi merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap bangsa dan tanah air ini, atas dasar inilah seharusnya Bangsa Indonesia dengan segala elemen-elemen yang ada didalamnya dapat terus berjuang guna menghadapi segala problematika yang terjadi dan mengancam kedaulatan bangsa ini.
“Setiap masa memiliki tantangan yang berbeda-beda tentu pula dengan cara mengatasinya, setiap masa tentu pula memiliki aktor-aktor yang berbeda pula yang berperan  sesuai dengan masanya.”

Jelas bahwasannya setiap masa memiliki pemain dan tantangan yang berbeda-beda sesuai dengan masanya. Tidak melulu yang didefinisikan sebagai berjuang hanyalah melalui peperangan, kekerasan, dan tindakan-tindakan keji lainnya. Di masa saat ini tentu hal-hal tersebut tidaklah match karena beda jaman beda pula cara berjuangnya.

Menjadi sebuah pertanyaan besar mengapa saat ini terjadi banyak pergejolakan pada  bangsa ini, mungkin salah satunya adalah karena banyak dari Rakyatnya tidak sadar bahwa kondisi bangsa ini tidaklah dalam keadaan baik-baik saja. Masih terlalu banyak elemen-elemen yang ada di bangsa ini terutama PEMUDA yang terlalu asik menikmati hidupnya dengan hal-hal yang tidak memberikan efek yang signifikan bagi kemajuan bangsa ini. Terlampau banyak para PEMUDA yang terlalu nyaman berada di zona nyamannya tanpa sadar bahwa sebenarnya bangsa ini memerlukan bukti nyata mereka guna membangun bangsa ini sebaik mungkin.

Entah harus berapa lama lagi para PEMUDA bangsa ini sadar untuk bergerak, untuk memberikan langkah nyata dalam memperjuangkan apa yang harus mereka perjuangkan. Sejatinya PEMUDA adalah bagian yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah bangsa. Tentu dengan kondisi seperti ini mungkin makna dari Hari Pahlawan itu sendiri bagi para kebanyakan PEMUDA bangsa ini menjadi hal yang sepele dan tidak perlu dihiraukan.

Bangsa ini memiliki Pekerjaan Rumah yang besar ketika bagian-bagian penting didalamnya tidak bersinergi dengan baik guna mewujudkan cita-cita bangsa yang dahulu sangat di junjung tinggi oleh parah pahlawan yang bahkan rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan bangsa. Bukan merdeka yang hanya sekadar “merdeka” yang diharapkan oleh para pahlawan bangsa ini, tetapi merdeka yang sebenar-benarnya, merdeka yang salah satu maknanya adalah bangsa ini dapat survive dengan kaki dan tangannya sendiri.
Pahlawanku, yang terbaring di taman makam seluruh pertiwi, yang terbaring dilembah-lembah, yang terbaring di kubur-kubur tak bernisan, yang bersemayam di dasar lautan, Terima kasih atas jasamu, engkau rela menumpahkan darah dan nyawa demi tegaknya negeri merah Putih ini.

-Hari Saputra-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini