Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, August 30, 2017

Seberapa Penting Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia?

Kemerdekaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan. Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai kebebasan yang didapatkan berkat terlepasnya rakyat Indonesia dari para penjajah. Enam negara telah menjajah Indonesia selama beberapa tahun, diantaranya Portugis, Spanyol, Belanda, Perancis, Inggris, dan Jepang. Dan pada 1945, Indonesia berhasil mendapatkan kedaulatannya dan berkesempatan untuk mendeklarasikan Proklamasi pada 17 Agustus 1945. Pada hari itu pun diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Indonesia, yang pada tahun 2017 telah berumur 72 tahun.
Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dianggap sangatlah penting karena itu tandanya, Indonesia telah terlepas dari ‘genggaman’ para penjajah. Indonesia dapat masuk ke tahap baru untuk mengatur hidup dan kehidupannya lebih lanjut tanpa ada campur tangan dari orang-orang asing yang berniat untuk menguasai Indonesia.

Kemerdekaan adalah “jembatan emas” atau merupakan pintu gerbang untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Jadi, dengan kemerdekaan itu bukan berarti perjuangan bangsa sudah selesai. Tetapi, justru muncul tantangan baru untuk mempertahankan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan pembangunan. Keberhasilan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan merupakan sebuah awal perjuangan rakyat untuk melanjutkan dan mempertahankan kemerdekaan. Masyarakat harus terus berjuang untuk dapat memakmurkan kehidupan masyarakat selanjutnya supaya perjuangan pahlawan yang telah gugur mendahului kita tidaklah sia-sia.

Inilah saatnya untuk rakyat Indonesia membantu perjuangan pahlawan di masa lampau dengan cara berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sekarang sudah tidak perlu berperang untuk membuktikan siapa yang paling hebat dan pantas berkuasa, melainkan dengan mencetak sebanyak-banyaknya prestasi yang dapat diraih untuk Indonesia. Tidak hanya prestasi, tetapi juga pembangunan, dan kualitas rakyatnya.

Natasha Theodora K.

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini