Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, August 30, 2017

Sudahkah Bangsa dan Rakyat Indonesia Merdeka Sepenuhnya?

Setiap tahunnya Indonesia merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus dengan mengibarkan sang saka Merah Putih. Kini Indonesia telah berumur 72 tahun. Sudah begitu banyak sejarah yang dimiliki oleh bangsa ataupun rakyatnya. Seperti sejarah melawan penjajahan yang telah membuat bangsa Indonesia menderita dalam jangka waktu yang sangat lama. Adapun Sejarah terpenting yang dimiliki bangsa Indonesia adalah dibacakannya teks proklamasi oleh Ir.Soekarno dengan penuh semangat perjuangan. Pada teks proklamasi tersebut munculah sebuah kata “Kemerdekaan”. Sebagian orang mengartikan bahwa kemerdekaan adalah sebuah kata yang berarti bebas dari jajahan, bebas dari penindasan, dan sebagainya. Secara harfiah pengertian-pengertian tersebut memang benar, akan tetapi jika di kaitkan dengan kondisi negara Indonesia saat ini maka kata Merdeka tersebut seakan-akan hanya sebatas nama yang memiliki arti kebebasan dari masa penjajahan saja. memang Indonesia bisa dikatakan merdeka karena telah berakhirnya penjajahan. Namun disisi lain jika kita melihat pada saat ini. Pada kenyataannya Rakyat Indonesia terlebih seperti petani, para buruh, dan kalangan masyarakat menengah kebawah bingung menganggap negara ini benar-benar sudah merdeka atau hanya sebatas memerdekakan negara dari penindasan rezim kolonial bangsa lain. Rakyat merasa bahwa mereka semakin merana, dan tidak ada yang berubah signifikan di negerinya. Bukan hanya permasalahan ekonomi yang bermunculan. Perlahan-lahan Permasalahan lain seperti dalam hal politik, ekonomi, social dan lain sebagainya. Kemiskinan, Korupsi, Penindasan yang di buat bingung oleh aturan yang terkesan tidak adil. Indonesia masih merasa terjajah oleh bangsa asing sendiri. Dan merasa belum bebad terhadap permasalahan Negara. Indonesia bisa di katakan saat ini masih di jajah oleh negara-negara asing yang sengaja mengambil keuntungan mulai dari sumber daya alam hingga memanfaatkan rakyat yang miskin sehingga mau dijadikan buruh untuk menghasilkan keuntungan yang besar bagi mereka. Bahkan demi menopang perekonomian dalam keluarga, beberapa rakyat Indonesia rela merantau dan mencari pekerjaan di luar negeri menjadi Tenaga Kerja Indonesia maupun Tenaga Kerja Wanita.

Salah satu permasalahan yang mengancam Indonesia adalah Kemiskinan. Kemiskinan ini adalah suatu persoalan besar terhadap bangsa dan negara Indonesia. jutaan anak bangsa dari generasi ke generasi selama 72 tahun terakhir ini terus terbelenggu oleh kemiskinan. Jarak antara si kaya dan si miskin semakin melebar hingga menimbulkan perbedaan yang sangat mencolok dan membuat si miskin terintimidasi dan terpinggirkan, sehingga tujuan dan cita-cita proklamasi untuk mensejahterahkan rakyat Indonesia, hanyalah sebatas wacana. Contoh lainnya Anak-anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak, pemuda banyak yang menganggur, seorang ayah tidak dapat menafkahi keluarganya karena tidak memiliki pekerjaan yang layak. Masyarakat miskin tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan berujung pada kematian karena terlambat di tangani oleh pihak rumah sakit. Hingga menimbulkan permasalahan yang mungkin tidak terpikirkan oleh semua orang. Seperti akan rusaknya rumah tangga seseorang hanya karena permasalahan ekonomi. Sementara pemerintah dengan kekuasaan yang dimilikinya tidak mengerjakan kewajiban mereka dengan baik.

Apakah ini yang dapat kita sebut dengan merdeka? Apakah sudah menunjukan bahwa Indonesia terlihat sudah merdeka sepenuhnya? Coba pikirkan kembali apa yang terjadi saat ini.
Memang secara kenyataan kita tak perlu mengangkat senjata untuk melawan penjajah. Tetapi kita harus melawan penindasan yang dilakukan oleh bangsa kita sendiri. Memang Indonesia sudah merdeka. Merdeka bisa dikatakan dulu setelah Indonesia bebas dari penjajahan. Tapi kini masih belum bisa dikatakan merdeka sepenuhnya.

Jadi tujuan para pejuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan kesejahteraan dan hak secara lahir dan batin masih belum terjadi jika di bandingkan dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu Indonesia memang benar-benar belum Merdeka Sepenuhnya, dikarenakan masih terlalu banyak kesenjangan dan permasalahan lainnya di dalam masyarakat yang patut untuk menjadi renungan setiap orang demi membangun tujuan-tujuan kemerdekaan yang belum terlaksana.

Meskipunpermasalahan selalu beranak pinak setiap detiknya di Indonesia. Namun, sampai saat ini Indonesia masih memperjuangkan haknya untuk merdeka. Perlahan-lahan Indonesia yakin dan mampu akan cita-citanya untuk mensejahterakan Rakyat Indonesia serta menghapuskan permasalahan yang ada di Negara ini.
Hidup Mahawasiswa! Hidup Rakyat indonesia

R. Kemala Pertiwi

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini