Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, June 20, 2017

Satukan Bangsa, Junjung Tinggi Nilai Pancasila



Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Di dalamnya terdapat 5 sila yang masing-masing mempunyai nilai-nilai tersendiri. Mungkin, dari Sekolah Dasar kita sudah mengenal dan menghapal kelima sila tersebut. Tapi, sudahkah kita mengerti dan mengamalkan nilai-nilainya?
Salah satu fungsi pancasila adalah sebagai pemersatu bangsa. Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa, ras, dan agama. Kesemuanya harus menjalankan kehidupan dengan damai dan penuh toleransi. Namun, sampai saat ini masih sering terjadi perselisihan, bukan antara negara kita dan negara lain, tapi antara sesama bangsa Indonesia. Penyebabnya adalah karena bangsa kita belum sepenuhnya menjunjung tinggi nilai pancasila.

Dalam hal ini, fungsi dan peranan pancasila sangat dibutuhkan. Seperti bunyi sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”, yang pada dasarnya memiliki arti mendalam bahwa adanya pancasila itu untuk mempersatukan bangsa, bukan untuk memecah belah bangsa. Untuk itu, agar bangsa kita senantiasa aman, damai, dan tentram, kita harus menjunjung tinggi nilai pancasila.
Yang perlu kita ingat, pancasila bukan hanya untuk dihapal, tapi untuk diimplementasikan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Eka Putri Apriyani

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini