Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, June 20, 2017

PANCASILA, Karunia dari Allah Untuk Bangsa Indonesia



Sebulan yang lalu tepatnya di tanggal 1 Juni, kita mengenang sebuah kisah sejarah yang penting tentang lahirnya Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila. Perayaannya memang tidak seramai hari – hari besar nasional lainnya, hingga akhirnya pak presiden Jokowi membuat kebijakan bahwa pada tanggal 1 Juni menjadi hari libur nasional. Tujuannya agar masyarakat menghayati nilai – nilai pancasila dan menghormati keringat para pejuang bangsa Indonesia yang telah melahirkan pancasila.
Seluruh masyarakat dari kalangan anak – anak sampai orang tua hafal kelima sila dalam pancasila, akan tetapi implementasinya di lapangan masih kurang nampak. Padahal pancasila merupakan karunia yang Allah berikan kepada bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia. Maka sebaiknya sebagai masyarakat yang sangat mencintai negaranya, kita harus dapat menerapkan poin - poin yang ada dalam kelima sila tersebut.

Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan kepada kita bahwa Allah sebagai pemberi nikmat kehidupan bagi kita. Allah lah yang telah membantu para pejuang bangsa kita untuk memerdekakan bangsa kita.
Adil dan beradab, mengajarkan kepada kita bahwa sesama manusia haruslah saling tolong menolong dan saling menjaga. Karena sejatinya manusia itu dalam kesehariannya membutuhkan manusia lain untuk beraktifitas. Maka hargailah orang lain dan bersikap baiklah kepada mereka meskipun mereka berbuat sesuatu yang tidak baik kepada kita. Karena sifat adil itu akan memunculkan perdamaian, persatuan, dan kemanusiaan yang lebih beradab.
Mengutip kalimat dari seorang tokoh, “Jiwa Pancasila tidak ditanamkan melainkan ditumbuhkan. Jika tidak maka jiwa Pancasila hanya sekedar narasi.”

Ahmad Maulana Farizi

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini