Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, June 20, 2017

Indonesia dan Pancasila



Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, dengan luas wilayah mencapai 51.766.800 km2 yang tidak menutup kemungkinan bahwa dengan luas wilayah tersebut terdapat kekayaan alam yang sangat melimpah, baik dari alam, budaya, suku, bahasa dan lain sebagainya, lalu dengan adanya berbagai macam perbedaan tersebut apa kita bisa menyatukannya? Maka pada tanggal 1 juni 1945 lahirlah dasar negara ini atau yang kita sebut dengan PANCASILA, sebuah pedoman hidup bagi Indonesia dari dulu hingga sekarang dengan harapan bisa menjadi suatu alat pemersatu bangsa.
Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, saat ini banyak sekali yang mengesampingkan nilai – nilai pancasila atau bahkan sudah tidak lagi menerapkan pancasila di kehidupan sehari – harinya, padahal pancasila adalah sebuah ideologi Negara Indonesia yang memberikan sebuah ciri khas dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. Lalu apa penyebab dari memudarnya nilai – nilai pancasila di Indonesia? Saat ini pancasila seolah – olah tertutup dengan arus globalisasi yang masuk kedalam negeri ini dan secara tidak langsung membawa dampak negatif terhadap masyarakat khususnya pemuda Indonesia, karena pemuda adalah sebuah aset dari suatu bangsa maka, bangsa tersebut tidak akan bisa maju jika kondisi pemudanya dalam keadaan lemah. Bung Karno pernah mengatakan “Berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia ini” tapi jika melihat kondisi seperti saat ini ketika Bung Karno meminta 10 pemuda bukan dunia yang akan di guncangkan melainkan panggung hiburan yang akan diguncangnya.

Maka penting bagi kita untuk tetap menerapkan pancasila dalam kehidupan sehari – hari, dan khususnya kita sebagai pemuda yang menjadi aset paling berharga untuk negara ini, buktikan pada dunia bahwa di dalam diri ini masih memegang erat pancasila, jangan hanya bisa mengatakan Saya Indonesia dan Saya Pancasila!

Mokhammad Ridwan Fauzi

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini