Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, April 17, 2017

Kuy Nulis!



Menulis sendiri bagi beberapa orang dianggap sebagai bakat bukan sesuatu yang dapat dipelajari. Tapi hal itu tentunya salah. Semua orang bisa menulis, tidak tergantung bakat apapun. Menulis bisa dipelajari dari sedini mungkin.

Menulis menurut KBBI adalah (1) membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya); (2) melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat)dengan tulisan; (3) menggambar, melukis; (4) membatik (kain).

Menulis bagi kebanyakan orang dianggap sesuatu yang sulit, tapi diantara mereka bahkan menggampangkannya. Memang kelihatannya seperti hanya menuangkan ide-ide ke dalam kata-kata dengan tujuan agar pembaca dapat memahami apa yang kita tulis.

Tapi ketika mereka ditantang untuk menulis, mereka seperti kelabakan dan menyerah. Kesulitan seperti inilah yang membuat mereka malas melatih keterampilan tulis-menulis. Menulis sebenarnya mudah. Saat kalian masih Sekolah Dasar pasti pernah menulis di buku harian, atau sekadar membuat cerita.

Hal-hal seperti inilah bentuk dari menulis. Seperti saat kalian masih kecil, menuliskan hal-hal yang tidak tidak terlalu berat. Menulis apa yang ingin kalian ungkapkan dengan tulisan dan gaya kalian sendiri.

Tulislah hal-hal simple seperti opini, cerpen, atau kegiatan kalian setiap hari. Lakukan terus menerus, sedikit demi sedikit keterampilan menulis kalian akan terasah. Ayo dari sekarang asah keterampilan menulis kalian. Keterampilan ini akan sangat berguna saat kalian sidang akhir atau saat kalian sudah keluar dari kampus tercinta ini. Kuy nulis, semangat!

-YD-
(Cahaya Edukasi)

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini