Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Thursday, August 31, 2023

PRESS RELEASE
PAS Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)
Akuntansi 2023 
Dapartemen Kaderisasi 
BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2023 

     Pada hari Rabu, 23 Agustus 2023 telah dilaksanakan PAS PKKMB Akuntansi 2023 yang dilakukan secara offline bertempat di Aula Lantai 8, Gedung Ki Hajar Dewantara. Kegiatan PAS PKKMB Akuntansi 2023 dimulai dengan briefing dan persiapan panitia pada pukul 04.20 s.d. 06.00 WIB. Setelah persiapan panitia, pada pukul 06.00 s.d. 06.30 WIB dilaksanakan registrasi peserta oleh Sie. Kestari dan Penilaian serta pengondisian peserta oleh Sie. Kedisiplinan (KDSP). Setelah registrasi dan pengondisian, para peserta di arahkan untuk melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) sesuai kepercayaan masing-masing bersama dengan mentor yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah kegiatan FGD, pada pukul 07.10 s.d 08.05 WIB dilaksanakan mobilisasi menuju Aula Lantai 8, Gedung Ki Hajar Dewantara yang dipandu oleh Sie KDSP. 

     Selanjutnya acara dibuka oleh MC, yaitu Nada Hanifah Arwa dan Arfan Prawirayudha Wicaksono. Dilanjutkan dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, Hymne UNJ, dan Totalitas Perjuangan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Natan Reswara Kawatak selaku Ketua Pelaksana Akuntansi 2023, Fadilah Ilham selaku ketua BEM Prodi Akuntansi FE UNJ periode 2023, Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si, Ak, CA selaku Koordinator Program Studi S1 Akuntansi dan Ibu Diah Amerliza, S.E., M.Ak selaku Koordinator Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik. Dilanjutkan dengan pengenalan dosendosen program studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik, pengenalan dosen-dosen program studi S1 Akuntansi dan pengenalan dosen S2 Magister Akuntansi. Selanjutnya menayangkan video orientasi kampus yang berisi pengenalan kampus Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan selanjutnya adalah mobilisasi menuju ruang kelas 712 lantai 7, Gedung Raden Adjeng Kartini untuk mahasiswa Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik saja, sedangkan mahasiswa S1 Akuntansi tetap di dalam Aula Lantai 8, Gedung Ki Hajar Dewantara. 

     Untuk pemaparan materi S1 Akuntansi dimulai dari pukul 10.21 s.d 12.05 WIB, yaitu pemaparan materi "Peraturan Akademik dan Kurikulum serta Pengenalan Kode Etik Mahasiswa" yang disampaikan oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si, AK, CA dan Bapak Adam Zakaria, M.Ak., Ph.D. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan materi mengenai profil S1 Akuntansi, peraturan akademik, kurikulum, sistem penilaian, Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), pengenalan kode etik mahasiswa, Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Untuk pemaparan materi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik dimulai dari pukul 10.50 s.d 11.20 WIB, yang disampaikan oleh tiga dosen yakni, Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak, Ibu Hesti Utaminingtyas, S.E., M.SA, dan Ibu Hera Khairunnisa, S.E., M.Ak. Beliau juga memaparkan materi terkait “Peraturan Akademik, Kurikulum serta Pengenalan Kode Etik”. Setelah itu, dilakukan sesi tanya jawab oleh peserta, baik di ruang kelas maupun ruang aula. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada para pemateri dan diakhiri pada pukul 12.15 WIB untuk ishoma. 

     Agenda selanjutnya pengondisian para peserta Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik menuju Aula Lantai 8, Gedung Ki Hajar Dewantara oleh Sie. KDSP. Dilanjutkan dengan Talk Show "Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi serta Kewirausahan, Prospek dan Peluang Kerja" oleh Kak Muhammad Ariq Fauzan Hakim, S.E. dan Kak Yulyani Yogi Pangastuti, S.E. yang di pandu oleh Muhammad Jeasen Allan Budy Kusuma sebagai moderator. Dalam pemaparannya Kak Ariq dan Kak Yulyani menyampaikan mengenai adanya perbedaan presepsi dalam arti kesuksesaan belajar itu sendiri, bahwa kesuksesan tidak membutuhkan validasi karena setiap orang memiliki kesuksesaan yang berbeda-beda, serta “Tips and Trick and trik Terkait KiatKiat Sukses di Perguruan Tinggi” yang perlu dilakukan yaitu, niat yang pasti, goals jangka panjang dan mempunyai teman yang support. Dilanjutkan dengan penyampaian metode belajar yang sangat bervariatif seperti Sistem Kebut Semalam (SKS), Diskusi Kelompok, dan Metode Tanya Jawab saat berlangsungnya pembelajaran. Dan terakhir Peluang Kerja untuk mahasiswa Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik dan S1 Akuntansi setara sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai peluang perkerjaan. Setelah selesai Talk Show terdapat sesi tanya jawab kepada peserta dan pemberian plakat kepada Kak Muhammad Ariq Fauzan Hakim, S.E. dan Kak Yulyani Yogi Pangastuti, S.E. Dilanjutkan dengan seluruh peserta mengerjakan post-test selama 10 menit. 

     Kemudian pada pukul 15.25 s.d. 15.50 WIB dilaksanakan self management oleh Sie. KDSP yang bertujuan untuk melatih sikap kedisiplinan, tanggung jawab, dan kebersamaan mahasiswa baru tanpa tindakan kekerasan atau tindakan perpeloncoan. Setelah itu terdapat penampilan flashmob dari panitia PKKMB Akuntansi 2023. Selanjutnya, terdapat kesan dan pesan dari peserta PKKMB Akuntansi 2023. Kemudian, acara ditutup dengan pembacaan doa penutup serta penutupan acara oleh MC pada pukul 16.05 WIB. Setelah penutupan oleh MC, terdapat pengodisian pulang yang dipandu oleh Sie. KDSP

Dokumentasi



No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini