Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, September 2, 2022

PRESS RELEASE 
PAS Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 
Akuntansi 2022 
Departemen Kaderisasi 
BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2022 

PAS PKKMB Akuntansi 2022 merupakan acara inti dalam pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang memasuki dunia perkuliahan. Pada Kamis, 25 Agustus 2022 telah dilaksanakan PAS PKKMB Akuntansi 2022 secara hybrid, baik secara online melalui Zoom Cloud Meetings dan secara offline dengan tatap muka bertempat di Gedung Raden Ajeng Kartini (GRK) Ruang Sidang Lantai 8. Acara PAS PKKMB Akuntansi 2022 diawali dengan briefing dan persiapan panitia yang dilaksanakan pada pukul 05.00 s.d. 05.45 WIB. Setelah persiapan, pada pukul 05.45 s.d. 06.40 WIB dilaksanakan pengondisian peserta oleh Sie. Kedisiplinan (KDSP), penyebaran presensi melalui scan barcode dan mobilisasi peserta secara luring, sedangkan pada pukul 06.25 WIB dilakukan pengondisian oleh Sie. KDSP, penyebaran presensi melalui link Google Form, dan mobilisasi bagi peserta secara daring. Setelah adanya pengondisian dan mobilisasi, para peserta diarahkan untuk melanjutkan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) sesuai kepercayaan masing–masing bersama dengan mentor yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah kegiatan FGD, pada pukul 07.20 s.d. 07.50 WIB dilaksanakan mobilisasi menuju ruang aula dan room Zoom yang dipandu oleh Sie. KDSP. 

Selanjutnya acara dibuka oleh MC, yaitu Vivin Apriyanti Zain dan Rama Sukma Wardana. Dilanjutkan dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, Totalitas Perjuangan, dan menayangkan video orientasi kampus yang berisi pengenalan kampus Universitas Negeri Jakarta. Setelah penayangan video orientasi kampus, dilanjutkan dengan sambutan oleh Rohman Catur Laksono selaku Ketua Pelaksana PKKMB Akuntansi 2022, Agil Prasojo selaku Ketua BEM Prodi Akuntansi FE UNJ periode 2022, Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si, AK, CA selaku Koordinator Program Studi S1 Akuntansi, dan Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak selaku Koordinator Program Studi D4 Akuntansi Sektor Publik. Pada pukul 08.40 s.d. 09.10 WIB dilaksanakan pemaparan materi “Pengenalan Program Studi Akuntansi” yang memuat visi misi, pengenalan program studi, serta pengenalan Dosen S1 Akuntansi dan D4 Akuntansi Sektor Publik yang disampaikan oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si, AK, CA dan Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pesan, dan kesan oleh peserta. 

Kegiatan selanjutnya adalah mobilisasi menuju ruang aula dan pengondisian room Zoom kepada mahasiswa D4 Akuntansi Sektor Publik. Untuk pemaparan materi S1 Akuntansi dimulai pada pukul 09.50 s.d. 10.55 WIB, dilanjutkan dengan pemaparan materi “Peraturan Akademik dan Kurikulum serta Pengenalan Etika Kampus” Pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si, AK, CA dan Ibu Indah Muliasari, S.E., Akt., M.Ak. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan materi mengenai profil S1 Akuntansi, etika mahasiswa, dosen, dan tenaga kerja, program Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS), peraturan akademik, registrasi akademik, dan sistem perkuliahan dan kurikulum. Untuk materi D4 Akuntansi Sektor Publik dimulai pada pukul 09.50 s.d. 11.05 WIB yang disampaikan oleh tiga dosen yakni, Ibu Hera Khairunnisa, S.E., M.Ak, Ibu Tri Hesti Utaminingtyas, S.E., M.SA, dan Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak. Beliau juga menyampaikan terkait dengan kegiatan akademik serta sistem perkuliahan dan kurikulum. Setelah itu, dilakukan sesi tanya jawab oleh peserta baik peserta online maupun offline. Kemudian dilanjutkan dengan pengondisian mahasiswa D4 Akuntansi Sektor Publik untuk kembali menuju ruang aula dan room Zoom awal. Untuk mencairkan suasana ketika acara berlangsung, para mahasiswa baru diminta untuk memberikan kesan, pesan, dan memberi ulasan atas materi yang disampaikan oleh para dosen, serta melakukan jargon PKKMB Akuntansi 2022. 

Agenda selanjutnya adalah penayangan video Kapita Selekta Panitia PKKMB Akuntansi 2022 yang dimulai pada pukul 11.40 WIB dan diakhiri pada pukul 11.50 WIB untuk Ishoma. Setelah Ishoma, dilanjutkan dengan pengondisian para peserta oleh Sie. KDSP dan kemudian dilanjutkan dengan sesi selanjutnya, yaitu penayangan video Kapita Selekta BEM Prodi Akuntansi FE UNJ periode 2022 Kabinet Adhigana Harsa. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan tema “Kiat Sukses dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi” oleh Kak Alifia Sholiha, S.Ak yang dimoderatori oleh Fiqri Adi Nugroho. Dalam pemaparannya Kak Alifia menyampaikan mengenai adanya perbedaan presepsi kesuksesan di antara orang-orang dan bagaimana kita dapat mewujudkan kesuksesan atas standar yang ditetapkan diri sendiri serta dapat menentukan apa yang menjadi skala prioritas dalam diri kita sendiri. Setelah selesai pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab kepada peserta baik peserta secara daring maupun luring. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada Kak Alifia Sholiha, S.Ak. Selanjutnya, pada pukul 14.40 s.d 15.30 WIB dilaksanakan self management oleh Sie. KDSP yang bertujuan untuk melatih sikap kedisplinan, tanggung jawab, dan kebersamaan mahasiswa baru tanpa tindakan kekerasan atau tindakan perpeloncoan. Setelah itu, pada pukul 15.35 s.d. 15.40 WIB diadakan sosialisasi pengisian angket oleh BPM. Selanjutnya ditutup dengan pembacaan doa penutup serta penutupan acara oleh MC pada pukul 15.40 WIB. Setelah penutupan oleh MC, terdapat pengondisian pulang yang dipimpin oleh Sie. KDSP 







No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini