Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, September 9, 2022

HARI OLAHRAGA NASIONAL 2022

 


Awal Mula Perayaan, Tema, Logo, serta Folosofi Logo Hari Olahraga Nasional 2022

 

Awal Mula Perayaan Hari Olahraga Nasional

Perayaan Haornas ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985. Dengan tujuan untuk membangkitkan semangat olahraga di tanah air. Sejarah perayaan ini bermula pada saat Pekan Olahraga Nasional (PON) I 9-12 September 1985 di Stadion Sriwedari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pembukaan PON dimulai pada tanggal 9 September 1985 dan selanjutnya ditetapkan sebagai Haornas untuk setiap tahunnya. Fakta unik tentang PON I adalah, peristiwa itu terjadi karena atlet Indonesia tidak dapat mengikuti Kompetisi Olahraga Dunia XIV/1985 di London, Inggris. 

Pada saat itu, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia, sehingga paspor mereka  tidak diakui oleh pemerintah Inggris. Namun, atlet Indonesia dapat menggunakan paspor Belanda. Namun, mereka hanya ingin hadir sebagai wakil Indonesia, bukan  Belanda. Berdasarkan penolakan tersebut, Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia (PORI) membentuk PON untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga nasional. Ini juga merupakan bukti kepada dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah acara olahraga di seluruh negeri.

Tema Hari Olahraga Nasional 2022

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tema perayaan Hari Olahraga Nasional 2022 adalah Kebersamaan dalam Juara. Tema  tercantum dalam materi rilis Haornas 2022 sebagai logo, spanduk, papan reklame, dan spanduk.

Gambar logo dan filosofi Hari Olahraga Nasional 2022

Gambar Logo:

(Sumber: kemenpora.go.id)

Selain itu, logo Haornas 2022 memiliki filosofi berupa:

üPerpaduan warna yang merupakan simbol kerjasama berbagai pihak yang menjadi kunci sukses implementasi Great Design of National Sport (DBON) ke tahun 2022.

üSayap Garuda Gambar tersebut merupakan lambang/lambang ibu kota nusantara (IKN) yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, dimana akan berlangsung puncak haornas 2022.


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini