Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, May 22, 2021

Wirausaha di Era Digital

 Wirausaha di Era Digital

Wirausaha Muda Diharapkan Memanfaatkan Peluang Bisnis di Era Digital -  Radar Lamsel

Salah satu tantangan yang akan dihadapi seorang wirausaha adalah dari masyarakat sendiri yang dimana keinginannya selalu berubah-ubah dari segi selera, keinginan, dan kebutuhan. Selain itu merekapun selektif dalam memilih barang yang akan mereka beli atau gunakan. Hal ini membuat seorang wirausaha harus bisa memutar otak dan berinovasi untuk menciptakan produk baru dan melihat peluang untuk menghasilkan hasil yang maksimal. 

Era digital memberi dampak bagi kehidupan khususnya di dunia usaha. Dengan adanya teknologi seorang wirausaha dapat melihat keinginan seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyakarat. Wirausaha juga dapat melihat apa yang sedang tren di masyarakat. Selain itu, wirausaha dapat melihat peluang bahwa teknologi dapat menghemat waktu, tenaga, serta biaya dengan hasil yang cukup maksimal. Tanpa modal besar dan tempatpun orang bisa menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi dan kemudahan akses internet ini juga dapat memperluas peluang wiausaha. Hal ini terbukti dengan mulai bermunculannya banyak usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi terutama start up. 

Tetapi perlu kita sadari juga, bahwa era digital ini juga bisa menjadi sebuah tantangan apabila bisnis yang dijalankan tidak dapat mengikutinya. Hal ini perlu disikapi dengan rasa optimis yang tinggi dan pantang menyerah. Sebuah usaha harus bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang terus berkembang. Dan pemilik usaha akan dituntuk untuk terus belajar terkait transformasi baru di era digital ini. 

-Zefania Marshanda Filia-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini