Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, May 31, 2021

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA

Hari ini, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sejarah lahirnya Pancasila pun tak lepas dari adanya Pidato Soekarno hingga Rumusan Panitia Sembilan. Presiden pertama Indonesia Soekarno mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia pada 1 Juni 1945. Gagasannya disampaikan dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan. Hingga akhirnya 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Apakah sahabat akuntansi tahu bagaimana sejarah Hari Lahir Pancasila hingga ditetapkan menjadi hari libur nasional? Yuk simak sejarah singkatnya.

1.       

B    Bermula dari Pidato Ir. Soekarno yang menyampaikan gagasan mengenai dasar negara

Pada tanggal 29 Mei Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan rapat dengan tema dasar negara. Ir. Soekarno diberikan kesempatan memberikan pidato pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidatonya tersebut beliau menyampaikan gagasan mengenai dasar negara Indonesia dengan sebutan Pancasila.  Disinilah konsep pancasila lahir.

2.       

      Terbentuknya Panitia 9 diketuai oleh Ir. Soekarno

Melalui diskusi antara panitia kecil dan BPUPKI, terbentuklah panitia 9. Panitia 9 merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD dan menjadikannya teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pada 18 Agustus 1945 (sidang PPKI 1) rumusan Pancasila tersebut dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia.

3.      

      Hari Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional

Pada kata pengantar teks yang telah dibukukan, Dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebutkan jika momen pidato Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni berisi lahirnya Pancasila. Pada tahun 1970, pemerintah orde baru melalui kopkamtib melarang peringatan Hari Lahir Pancasila. Aturan ini terbentuk disebut-sebut adalah upaya pemerintah untuk menyingkirkan Bung Karno dari ingatan rakyat dan sejarah Indonesia. Kemudian pada Mei 1978 tepatnya 1 Juni, Hari Pancasila kembali diperbolehkan untuk diperingati. Hingga akhirnya terdapat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional mulai tahun 2017.

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini