Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, May 22, 2021

Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membangun Negara

 Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membangun Negara

Desain tanpa judul (1).jpg

"Kami menikmati proses jauh lebih banyak daripada hasil." - Warren Buffett

Menurut KBBI, proses yaitu runtunan perubahan (peristiwa) dalam perkembangan sesuatu. Dalam berwirausaha sangat diperlukan untuk berproses. Dalam proses yang dihadapi oleh wirausahawan akan melalui banyak rintangan. Mulai dari perkembangan teknologi, selera konsumen, modal , dan lain sebagainya. Melalui pendidikan kewirausahaan dalam bangku sekolah dan bangku perkuliahan diharapkan mampu menjadi pembangkit gairah serta memberi pengetahuan mengenai kewirausahaan. Di pendidikan kewirausahaan diajarkan tahap apa yang harus dipersiapkan dalam membangun bisnis serta bagaimana cara menghadapi tantangan yang akan datang. 

Saat pendidikan inilah guru maupun dosen memberikan pembelajaran dengan memberikan tugas berupa membuat produk yang diharapkan bisa menjadi simulasi untuk para siswa dan mahasiswa untuk terjun pada dunia kewirausahaan. Dimana yang kita ketahui bersama bahwa kewirausahaan dapat menghasilkan lapangan pekerjaan baru yang kemudian dapat menyerap tenaga kerja. Dengan banyaknya tenaga kerja yang mendapatkan penghasilan, maka negara pun mendapatkan pemasukan dari pajak. Maka jumlah pebisnis inilah dapat menjadi indikator keunggulan serta daya saing sebuah negara. Selain meningkatkan pendapatan, dengan terserapnya tenaga kerja, maka pengangguran akan berkurang yang artinya angka kriminalitas akan berkurang 

Dalam sebuah negara, wirausahawan ini sangat penting karena para wirausahawan umumnya akan menghasilkan inovasi melalui produk-produk yang diciptakan. Inovasi inilah yang kemudian akan mengubah wajah baru sebuah negara. Seperti perusahaan Gojek yang pada awal kemunculannya melalui banyak rintangan, mulai dari regulasi, ojek pengkolan yang merasa tersaingi, serta adanya pesaing bisnis lainnya. Dengan adanya perusahaan transportasi gojek ini memberikan wajah baru mengenai kepraktisan dalam berkendara, serta memudahkan para mitra UMKM dalam mendapatkan penghasilan.

-Chusnanik Mufidah- 


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini