Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, May 22, 2021

Era Digitalisasi, Skill Kewirausahaan Meningkat

 Era Digitalisasi, Skill Kewirausahaan Meningkat

Kewirausahaan, suatu hal yang sangat bermanfaat untuk dipelajari, terutama di era digital ini. Semakin berkembangnya zaman, perkembangan digital pun semakin maju. Apalagi, jika kita lihat saat ini sedang ada pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan online. Mulai dari sekolah, bekerja, atau bahkan berbelanja. 

Pengenalan masyarakat pada dunia digital merupakan satu hal yang sangat diuntungkan, karena dalam masa pandemi Covid-19 banyak sektor yang terkena dampak, salah satunya sektor ekonomi. Masyarakat banyak yang diberhentikan dari tempat kerja nya dan hal tersebut membuat pendapatan mereka menurun. Memakai tabungan pun tidak akan cukup untuk selamanya, pengeluaran akan selalu bertambah seiring bertambahnya umur. Maka dari itu, kewirausahaan dan digitalisasi ini merupakan dua hal yang sangat cocok untuk membantu pendapatan ekonomi. 

Pengembangan kewirausahaan adalah kemajuan. Hal itu dikarenakan dengan kewirausahaan dapat membantu mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan kerja, serta dapat menjadi harapan untuk mengatasi kemiskinan dan keterpurukan ekonomis. Kewirausahaan bisa diajarkan lewat sistem terstruktur, salah satu hasil penting dan utama praksis pendidikan. Lembaga pendidikan tidak dapat memberikan pekerjaan, tetapi bisa memastikan agar hasil didik mampu menciptakan pekerjaan.

Setelah mengetahui dampak positif dari pengembangan kewirausahaan, masyarakat terutama mahasiswa yang mendapatkan pendidikan mengenai kewirausahaan dapat lebih mempelajari ilmu kewirausahaan. Ilmu kewirausahaan tersebut dapat membantu para pekerja yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini, membuka usaha baru demi mempertahankan kelangsungan hidup. Mahasiswa dapat membantu masyarakat yang masih eblum mengerti perihal dunia kewirausahaan, bisa dengan turun langsung atau melakukan webinar online. Namun, sebelum mahasiswa memberi pengetahuan kewirausahaan kepada masyarakat, pastikan mahasiswa mempunyai skill yang sekiranya di perlukan untuk menjadi seorang wirausahawan. 

Skill tersebut, yaitu;

  1. Creative Thinking, wirausahawan akan  berpikir out of the box atau melihat sesuatu secara berbeda. Mereka akan selalu mencari sesuatu hal yang kreatif untuk bisnisnya supaya berbeda dari yang lain.

  2. Networking, adanya networking yang luas, wirausahawan juga akan mengalami pertumbuhan yang cepat.  Seorang wirausahawan harus mempunyai skill networking yang bagus dalam mencari partnership, kolaborasi, bahkan ketika nanti mencari calon karyawan.

  3. Pengambilan keputusan, skill decision making atau pengambilan keputusan juga penting untuk dikuasai oleh wirausahawan. Dalam perjalanannya, pengusaha akan selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan.

  4. Berpikir strategis, wirausahawan harus pandai dalam mengatur strategi bisnisnya dalam setiap proses.

  5. Public Speaking, saat telah mempunyai sebuah usaha atau bisnis, kegiatan promosi sangat dibutuhkan, oleh karena itu kuasai skill public speaking agar dapat menarik pelanggan dengan kata-kata yang menarik. 

Masih banyak lagi skill yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan. Maka dari itu, pelajari pendidikan kewirausahaan ini dengan baik serta manfaatkan era digital ini dengan semaksimal mungkin. Tidak hanya praksis pendidikan yang link and match (tanggem), yang lulusannya siap memasuki lapangan kerja, tetapi juga siap menciptakan lapangan kerja.

-Natasya Ramadhani-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini