Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, May 22, 2021

Ayoo!! Berwirausaha di era-digital

 Ayoo!! Berwirausaha di era-digital

Kewirausahaan memiliki arti yang penting bagi suatu bangsa, bahkan sering disebut sebagai tulang punggung perekonomian bangsa (the backbone of nation’s economy) atau pengendali perekonomian bangsa. Kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan menghasilkan sesuatu, mencari, atau menerapkan cara baru, teknologi baru, serta produk baru yang bermanfaat untuk dirinya dan orang lain yang dapat berupa barang atau jasa. Seorang wirausahawan diharapkan dapat mengurangi kemiskinan, kesenjangan ekonomi yang terjadi di sekitar lingkungan sosial dan membantu memperbaiki perekonomian bangsa. 

Prinsip ekonomi yang mengajarkan bahwa dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal dan pemerataan hasil sumber daya secara adil dapat memberikan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Oleh karenanya, berwirausaha bukan hanya tentang membangun usaha untuk mencari keuntungan tetapi lebih dari itu dengan berwirausaha kita dapat membantu negara dalam ruang lingkup ekonomi. Membantu dalam menjadi meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara dan membantu dalam memulihkan perekonomian negara. 

Indonesia terkenal selain karena kebudayaannya yang beragam juga terkenal akan banyak wirausahawan yang tumbuh, meskipun begitu, indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara lainnya. Banyaknya wirausaha dalam suatu negara saat ini menjadi syarat untuk menjadi negara maju, yaitu  jumlah pelaku wirausaha harus lebih dari 14% dari jumlah rasio penduduk suatu negara. Sementara di indonesia pelaku wirausaha hanya berjumlah 3,1%. Oleh sebab itu, sekarang banyak di kembangkan pendidikan dalam keriwausahaan seperti, mengenal apa itu kewirausahaan, bagaimana membangun wirausaha, atau apa saja tips dan trik dalam menjaga kestabilan dalam wirausaha. 

Di zaman sekarang, dimana teknologi telah berkembang dengan pesat dan membentuk percabangan dari kemajuan dari teknologi itu sendiri yaitu digitalisasi. Dengan digitalisasi seseorang tidak perlu repot untuk mencari kesana kemari hanya untuk mempelajari arti, konsep, dan bagaimana cara menjadi seorang wirausaha, karena dengan digitalisasi dapat mengoptimalkan penggunaan waktu menjadi lebih efisien selain itu, dapat menghemat biaya transportasi seperti untuk memindahkan dokumen dari tempat satu ke tempat lain. Tentunya hal ini merupakan suatu keuntungan, penghematan, dan kemajuan dari adaanya teknologi tersebut. 

Oleh karenanya, dalam era digitalisasi untuk membangun atau mempelajari kewirausahaan tidaklah sulit seperti dulu yang harus pergi mencari atau menuju lokasi, belum lagi jika jarak lokasi yang jauh dari tempat tinggal, tentunya hal tersebut menguras waktu, biaya, dan tenaga hanya untuk memelajari kewirausahaan. Untuk mempelajari kewirausahaan dapat dilakukan melalui webside, artikel, atau aplikasi aplikasi seperti, panduan wirausaha, atau belajar wirausaha dan lain sebagainya. Dan untuk memulai wirausaha dapat dilakukan secara kecil-kecilan terlebih dahulu apabila gagal kerugian yang ditimbulkan tidak terlalu besar sehingga dapat di evaluasi dan memulainya kembali.

Untuk memulai wirausaha untuk pertama kali dapat dilakukan melalui e-commersial seperti, shopee, lazada,tokopedia atau menggunakan sosial media seperti, facebook, instagram, whatsapp, dan lainnya. Karena pada era digitalisasi tidak ada satupun orang yang melepaskan gawai dari tangan mereka. Sehingga lebih memungkinkan lebih cepat mendapatkan titik balik modal atau keuntungan. 

Dengan Berwirausaha Mari Kita Memperbaiki Perekonomian Negara

-Khoirunnisa-


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini