Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, March 29, 2021

HARI FILM NASIONAL

 



HARI FILM NASIONAL

 

Selamat Hari Film Nasional! Ya, tanggal 30 Maret merupakan Hari Film Nasional yang telah ditetapkan oleh Konferensi Dewan Film Nasional dengan Organisasi Perfilman pada tanggal 11 Oktober 1962. Sejak saat itu, diangkatlah Bapak Perfilman Nasional yaitu Usmar Ismail dan Djamaludin Malik.

 

Sebenarnya, Film Indonesia sudah mulai diproduksi sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, film tersebut bukanlah hasil murni karya sutradara Indonesia. Ketika tahun 1950, mulailah terdapat titik terang perfilman Indonesia mulai terlihat. Sutradara Usmar Ismail memproduksi film berjudul Darah dan Doa atau The Long of March Siliwangi. Hari pertama pengambilan gambar dari film tersebut adalah 30 Maret 1950. Itulah mengapa hari tesebut ditetapkan sebagi Hari Film Nasional.

 

Film Darah dan Doa mengisahkan perjalanan Panjang (long march) prajurit Republik Indonesia yang diperintahkan kembali ke pangkalan semula dari Yogyakarta ke Jawa Barat. Dalam film ini, berfokus menceritakan Kapten Sudarto yang diperlihatkan bukan sebagai sosok pahlawan melainkan sebagai sosok manusia biasa.

 

Film tersebut pun menuai sukses karena menggambarkan ideologi yang dimiliki oleh orang-orang Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan mereka. Dari situ pula momen ini dianggap menjadi titik bangkitnya perfilman Tanah Air sehingga terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 25 Tahun 1999 tentang Hari Film Nasional di era Presiden BJ Habibie.

 

Kini, seiring zaman, produksi Film Tanah Air kian berkembang dengan cerita yang menarik juga inovatif. Mari lestarikan karya anak bangsa dengan terus menonton film produksi dalam negeri.

 

Selamat Hari Film Nasional!

 

 

source :

http://indonesiabaik.id/motion_grafis/sejarah-hari-film-nasional

 

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini