Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Pendidikan ditengah Pandemi Covid-19 di Indonesia


Pandemi Covid-19 ini mengakibatkan munculnya berbagai kebijakan baru yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia. Dunia pendidikan di Indonesia turut terdampak oleh adanya pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya pembatasan dalam berinteraksi dan berkegiatan diluar rumah, Kementerian Pendidikan di Indonesia mengeluarkan kebijakan dengan mengganti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh secara online yang terintegrasi oleh internet.
Dengan adanya kebijakan baru ini, tentu memunculkan permasalahan baru bagi siswa maupun pengajar, diantaranya mungkin materi yang disampaikan kurang bisa maksimal dimengerti oleh para siswa, maupun terkendala jaringan internet bagi siswa maupun guru yang berada di daerah yang belum terkoneksi internet dengan baik. Kemudian juga muncul permasalahan bagi siswa yang kurang mampu, sehingga tidak bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh karena terhalang oleh fasilitas yang tidak dimiliki, seperti laptop ataupun smartphone.
Untuk bisa memahami materi yang disampaikan dengan lebih maksimal, biasanya para siswa ditemani oleh orangtua ataupun kakak mereka. Hal ini sangat bagus dalam mempererat hubungan keluarga. Selain itu, siswa tetap dapat diawasi dan dibimbing oleh mereka sebagai pengganti sosok guru di sekolah.
Walaupun banyak permasalahan yang muncul di dunia pendidikan di Indonesia, tetapi setidaknya hanya ini cara yang dapat dilakukan agar kegiatan belajar mengajar dapat terus terlaksana ditengah kondisi seperti ini. Selain itu, manfaat yang diterima juga pasti ada, tergantung bagaimana persiapan kita dalam menyikapi semua ini.
-Fikri Fadilah

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini