Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 26, 2020

Covid-19 Melanda Pendidikan Nasional


Covid-19 merupakan virus yang sangat berbahaya yang dapat menular ke manusia dalam waktu yang sangat cepat. Virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember tahun 2019. Virus ini telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Coronavirus ini sendiri adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).
Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. Akibat pandemi virus Covid-19 dan munculnya kebijakan PSBB ini memberikan dampak yang cukup signifikan kepada berbagai bidang kehidupan, salah satunya pendidikan. Sekolah dan perguruan tinggi di seluruh tingkatan diliburkan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini.
Dengan adanya kebijakan tersebut, membuat sistem pendidikan saat ini harus dilakukan secara online, yaitu dengan E-Learning. Sistem belajar online ini, tentunya memiliki banyak persoalan dalam melakukannya, seperti tingkat efektifitas yang tentunya berbeda dengan interaksi langsung di kelas dengan guru ataupun dosen. Selain itu, belum tentu semua pelajar memiliki alat komunikasi yang canggih seperti telpon genggam dan laptop. Dan tentunya yang menjadi masalah utama dalam pembelajaran sistem online ini yaitu akses internet.
Akses internet ini merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan pembelajaran system online. Tanpa akses internet yang baik, pelajar akan mengalami buffering saat pembelajaran dimulai, bahkan ada yang mungkin tidak bisa masuk ke dalam suatu room karena sinyal yang sangat buruk. Di beberapa kota besar, akses internet sudah cukup lancer, tetapi di daerah-daerah tertentu aksesnya sangat tidak stabil ataupun sangat lambat, sehingga belajar tidak efektif. Namun, tinggal di kota besar tidak berarti sinyal akan selalu lancer, karena suatu saat sinyal pun akan terasa lambat dan bahkan mengalami error. Oleh karena itu, kita sebagai pelajar dan mahasiswa harus mengetahui perkembangan teknologi terkini agar dapat mengatasi dan bisa mengikuti kondisi yang mendesak seperti sekarang saat pandemi virus Covid-19.
-Bagus Fajriansyah

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini