Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, April 20, 2020

Selamat Hari Kartini



Setiap tanggal 21 April, kita selalu memperingati hari spesial yang identik dengan mengenakan pakaian kebaya dan lomba-lomba kecil lainnya. Hari spesial tersebut dikenal sebagai Hari Kartini. Diperingati setiap tahunnya ditanggal kelahiran Raden Ajeng Kartini. Beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.
Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir R.A. Kartini tanggal 21 April untuk diperingati setiap tahunnya sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.
Beliau adalah tokoh pendobrak budaya yang meminggirkan wanita Jawa pada masa itu. Karena, dahulu para wanita Jawa tidak diberi kesempatan untuk mendapatkan Pendidikan. Pergerakan mereka pun juga dibatasi. Para wanita hanya diajarkan ilmu tata krama dan ilmu rumah tangga. Mereka hanya diperbolehkan menjadi pendamping suami. Karena hal itulah R.A. Kartini terdorong untuk memperjuangkan supaya para wanita Jawa mendapatkan pendidikan yang layak. Beliau mendirikan sekolah untuk masyarakat umum di serambi dan halaman belakang rumah pendopo

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini