Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, April 24, 2020

Mendorong Kesetaraan Gender di Dunia Kerja


             Kesetaraan gender merupakan suatu kondisi di mana semua orang harus mendapat perlakuan yang sama dan tidak adanya diskriminasi terhadap identitas gender mereka. Kesetaraan gender sangat penting bagi kinerja perusahaan. Tetapi mungkin, kesetaraan gender di berbagai perusahaan belum merata. Nyatanya, kesetaraan gender memiliki dampak positif di kancah per bisnisan. Keuntungan dari kesetaraan gender ini sendiri dapat meningkatkan kinerja bisnis tersebut menjadi lebih baik. Dikarenakan peran serta merta antara laki-laki dan perempuan yang berbeda.
Peran perempuan terkadang mungkin masih di anggap rendah bagi sebagian perusahaan. Padahal justru, peran perempuan penting bagi keberlangsungan perusahaan tersebut. Dengan adanya perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan juga dapat mendorong peningkatan produktivitas dan pertumbuhan bisnis secara signifikan. Banyak perempuan yang memang faktanya lebih kompeten daripada laki-laki.
Faktanya, berdasarkan survei yang ada, menyatakan bahwa perusahaan yang berada di posisi 25 persen teratas dalam keberagaman gender memiliki kemungkinan lebih besar untuk mempunyai keuntungan finansial di atas rata-rata. Berbagai keuntungan finansial itu antara lain peningkatan kualitas kinerja bisnis, perluasan jangkauan talenta sumber daya manusia, inovasi dan kreativitas, efektivitas pembuatan keputusan, serta perbaikan citra perusahaan itu sendiri.
Tetapi kesetaraan gender ini masih menjadi tantangan di Indonesia, dikarenakan kurang terbukanya pengetahuan orang-orang terhadap pentingnya kesetaraan gender pada kinerja bisnis. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan cara, membicarakan secara terbuka mengenai hak istimewa pria yang tidak dimiliki oleh perempuan, sehingga cara memandang pria dapat berubah terhadap perempuan. Mengubah mindset pria dalam memandang perempuan itu penting, dengan mengubah pandangan pria terhadap perempuan dapat lebih mengangkat nilai kesetaraan gender.
            Dari pernyataan di atas, peran menjunjung tinggi kesetaraan gender ternyata dapat membawa dampak yang baik bagi kinerja bisnis, maka dari itu upaya yang disebutkan di atas harus di lakukan oleh orang orang, agar kesetaraan gender ini lebih merata khususnya di Indonesia, dan agar stigma orang terhadap diskriminasi berkurang.

-Nadila Fauziah-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini