Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, April 25, 2020

Kesetaraan Gender Mendorong Pertumbuhan Bisnis


                  Kesetaraan dan keadilan gender adalah suatu kondisi dimana porsi dan siklus sosial perempuan dan lelaki setara, serasi, seimbang dan harmonis. Kondisi ini dapat terwujud apabila terdapat perlakuan adil antara perempuan dan laki-laki. Penerapan kesetaraan dan keadilan gender harus memperhatikan masalah kontekstual dan situasional, bukan berdasarkan perhitungan secara matematis dan tidak bersifat universal. Jadi konsep kesetaraan adalah konsep filosofis yang bersifat kualitatif, tidak selalu bermakna kuantitatif.
            Wujud Kesetaraan dan Keadilan Gender adalah: a. Akses: Kesempatan yang sama bagi perempuan dan lelaki pada sumber daya pembangunan. Contoh: dalam hal memperoleh informasi pendidikan dan kesempatan untuk meningkatkan karir . b. Partisipasi: partisipasi yang sama dalam proses pengambilan keputusan. Contoh: memberikan peluang yang sama untuk ikut serta dalam menentukan pilihan pendidikan di dalam rumah tangga; melibatkan anggota keluarga yang berkompeten dan memenuhi syarat ”Fit an Proper Test” secara obyektif dan transparan. c. Kontrol: kesamaan dalam hal pengendalian perusahaan. Contoh: memberikan kesempatan yang sama bagi lelaki atau perempuan dalam penguasaan terhadap sumber daya dan mempunyai kontrol yang mandiri dalam menentukan arah pengembangan usaha. d. Manfaat: harus memberikan manfaat yang sama bagi perempuan dan laki-laki. Contoh: Program pendidikan dan latihan (Diklat) SDM harus memberikan manfaat yang sama bagi lelaki maupun perempuan.
            Saat ini masih banyak isu ketidaksetaraan gender, diskriminatif dan pandangan negatif terhadap perempuan dalam dunia bisnis. Padahal dengan adanya keseteraan gender dapat memberikan efek positif terhadap pertumbuhan bisnis. Hal ini dibuktikan dengan penelitian Bank Dunia dimana tingkat kesejahteraan secara global dapat meningkat 21,7%, jika kesetaraan gender diimplementasikan. Sebaliknya, kerugian pada human capital wealth secara global diperkirakan mencapai US$ 160,2 triliun akibat dari ketidaksetaraan gender. Kemudian juga menurut Riset McKinsey pada 2018 menunjukkan, kesetaraan gender bisa meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan Indonesia sebesar US$ 135 miliar pada 2025.
            Di Dunia sudah banyak perusahaan yang mengimplementasikan kesetaraan gender. Salah satunya adalah Perusahaan produk perawatan kesehatan (health care) Procter & Gambler (P&G), yang sudah bertahun-tahun berusaha menyeimbangkan porsi pekerja pria dan perempuan di perusahaan. Hal ini pun memberikan dampak positif bagi perusahaan P&G. di Indonesia sendiri ada PT Accenture Indonesia yang mengimplementasikan kesetaraan gender. Bahkan , PT Accenture Indonesia sudah mendapat sertifikasi EDGE ( Economic Dividens for Gender Equality).
            Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan adanya implementasi kesetaraan gender di dunia bisnis, dapat membuat pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan serta memberikan manfaat optimal bagi kinerja perusahaan.


-Primoso Pebrianto-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini