Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Sunday, April 26, 2020

Kesetaraan Gender Memajukan Kinerja Bisnis


Ø  Kesetaraan gender
Kesetaraan gender merupakan salah satu hak asasi sebagai manusia. Hak untuk hidup secara terhormat, bebas dari rasa ketakutan dan bebas menentukan pilihan. Semua ini tidak hanya diperuntukan bagi para laki-laki, tetapi juga perempuan, salah satunya hak yang sama dalam berkarier dan hak-haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional.  Membuat perbandingan  laki-laki dan perempuan menjadi 50:50 tidak begitu saja dapat diartikan sebagai kesetaraan gender. Aspek yang perlu diperhatikan adalah memberikan peluang yang sama baik laki-laki maupun perempuan di semua level kepemimpinan. 

Ø  Pengaruh kesetaraan gender pada dunia bisnis
Kesetaraan gender juga dapat meningkatkan kinerja dalam dunia bisnis, Alasannya adalah karena kesetaraan gender dapat menjangkau talenta sumber daya manusia yang tadinya tidak diketahui, membuat efektivitas dalam pembuatan keputusan, menjangkau talenta lebih luas lagi berarti perusahaan mampu mendapatkan lebih banyak pegawai yang terampil dalam bidang tersebut.Selain itu, kreativitas dan munculnya suatu inovasiakan lebih sering muncul karena setiap golongan ikut memberikan pendapat dan idenya masing-masing.

Kesetaraan gender juga mengarah pada hasil bisnis yang baik ," kata Magesvaran Suranjan, President P&G AMA (Asia Pacific, Middle East & Africa) dalam World Economic Forum 2020 di Davos yang berlangsung pada 21-24 Januari yang lalu. Dengan pernyataan ini bisa dikatakan bahwa kesetaraan gender memang memliki dampak posisif bagi dunia bisnis.

-Kartika Ayu-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini