Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Sunday, September 29, 2019

Memperingati Hari G30S PKI


Gerakan 30 september tahun 1965 merupakan gerakan militer yang dilakukan oleh partai komunis indonesia(PKI) yang bertujuan untuk membunuh tujuh anggota dewan jendral dan beberapa perwira di masa itu. gerakan ini memiliki tujuan sebenernya yaitu "kudeta".

PKI itu sendiri merupakan suatu partai pada masa orde lama yang beraliran komunis dan memiliki begitu banyak pengikut(pendukung). partai ini berasal dari uni soviet yang terkenal dengan aliran komunisnya dan berkembang sangat pesat di Indonesia. partai ini dapat berkembang pesat di indonesia karena didukung juga dengan sikap presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno yang sedikit condong ke arah Soviet (komunis). selain itu adanya isu kebijakan NASAKOM membuat PKI semakin senang dan mempunyai pengaruh dalam sistem pemerintahan.

G30S PKI ini terjadi karena adanya rasa curiga dari PKI dengan dewan jendral untuk mengkudeta Soekarno, isunya PKI ini ingin menyelamatkan Soekarno dengan membunuh tujuh dewan jendral tersebut. padahal yang sebenernya PKI lah yang ingin melakukan kudeta terhadap pemerintahan Soekarno.

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini